Perbaiki Irigasi, Pemkab Lebak Alokasikan Rp 14,5 Miliar

Date:

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak mengalokasikan anggaran sebesar  14,5 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk memperbaiki 41 titik  jaringan irigasi yang ada di beberapa Kecamatan.

 

Diantaranya, Kecamatan  Cipanas, Muncang, Bayah, Malingping, Sobang, Cirinten, Wanasalam, Cilograng dan Pangarangan.

Kepala Irigasi Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pandeglang, Dade Yan Apriyandi mengatakan, pelaksanaan rehab irigasi tersebut, baik ringan atau berat akan dilaksanakan pada April bulan depan karena masih dalam tahap lelang.

“Pelaksanaan proyek rehab berat dan ringan irigasi di kabupaten Lebak ini hanya tinggal menunggu selesai proses lelang saja,” kata Dede, Selasa (14/3/2017).

Dibangunanya jaringan irigasi ini adalah upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil produksi pertanian padi. Sebab kata Dade, jika irigasinya lancar, maka hasil panen pun akan  meningkat.

“Produksi padi para petani akan meningkat 4  sampai 5  ton pertahun , yang sebelumnya mereka hanya bisa panen 2 atau 3 ton pertahun. Dan biasanya setahunya hanya dua kali panen, tentunya dengan adanya perbaikan jaringan irigasi nantinya panenya bisa tiga kali setahun,” katanya. 

Pihaknya berharap warga  bisa memelihara dan merawatnya daerah irigas tersebut. Sehingga, kaulitas irigasi yang dibangun pemerintah bisa bertahan lama.(Ep)

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...