1 Mei 2017 Penerbangan Internasional Garuda Indonesia Pindah Ke Terminal 3 Bandara Soetta

Date:

Tangerang – PT Angkasa Pura memastikan, semua operasional penerbangan internasional Garuda Indonesia akan pindah ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pada 1 Mei 2017. Dimana sebelumnya dilakukan di Terminal 2. H

 

“Penerbangan perdana adalah keberangkatan Garuda GA 824 tujuan Jakarta-Singapore pada pukul 6.10 WIB. Sebelumnya penumpang harus melalui proses check in sudah berada di terminal 3 minimal 2 jam sebelumnya,” ujar Direktur Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo, Selasa (25/4/2017).

Persiapan pengoperasian Penerbangan Internasional tersebut, lanjut Djoko, sudah dilakukan. Bahkan, kesiapannya sudah mencapai 99 persen.

“Persiapan sudah dilakukan oleh PT Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia, Ground Handling, Airnav dan Custom, Immigration, and Quarantine. Fisik pekerjaan sudah tinggal beberapa pembersihan area saja hanya sedikit yang kurang. Tadi pagi sudah melakukan cek kembali, dengan para stakeholder diharapkan sebelum 1 Mei fasilitas sudah terselesaikan,” jelas Djoko.

Nantinya, gedung Terminal 3 yang digunakan baru main building saja. Sementara Pier 1 dan 2 belum dapat dioperasikan.

“Gedung Terminal 3 itu kan berbentuk U. Yang dapat kita gunakan baru main building atau gedung tengah. Gate yang dibuka untuk proses naik pesawat atau boarding baru sebanyak 6 gate yaitu, Gate 5, 6, 7, 8, 9, dan 10. Kami menilai ini cukup karena baru Garuda Indonesia yang akan mengoperasikan penerbangan internasional,” kata Djoko.

Untuk mendukung kelancaran operasional, Djoko menjelaskan, Terminal 3 dilengkapi dengan 64 konter imigrasi yakni masing-masing 32 konter imigrasi di keberangkatan dan kedatangan. Selain itu, terdapat 30 autogate imigrasi yang masing-masing memiliki 15 autogate di keberangkatan dan kedatangan.

“Pada security check point sebelum memasuki area imigrasi terdapat 12 unit x-ray dan 2 unit body scanner untuk menunjang keamanaan dan keselamatan penerbangan,” ujarnya.

Dalam perpindahan penerbangan tersebut, sudah dilakukan dua kali simulasi yakni pada 20 April 2017 lalu dan 25 April 2017.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...