Disnak Lebak Optimalkan Pengawasan Ternak Jelang Ramadan

Date:

Lebak – Dinas Peternakan Kabupaten Lebak memperketat pengawasan distribusi ternak sapi dari luar daerah menjelang bulan Ramadan sebagai antisipasi masuknya penyakit antraks ke daerah setempat, yang bisa membahayakan kesehatan manusia menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 2017.

 

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Lebak, Iman Santoso mengatakan, pihaknya terus memperketat pemeriksaan kesehatan hewan dari luar daerah yang menggunakan angkutan lalu lintas.

“Saat ini, pengawasan ternak diperketat karena khawatir mengidap antraks maupun penyakit lainnya yang bisa membahayakan kesehatan kepada manusia, termasuk flu burung,” ungkapnya, Rabu (3/5/2017).

Apalagi, lanjut Iman, peternakan dari Jawa Barat sebagai daerah endemis penyebaran antraks.

Selain itu juga petugas kesehatan hewan melakukan pengawasan ke sejumlah peternak milik masyarakat dan pedagang, sebab peternakan yang dikelola masyarakat rawan terjadi penyakit antraks dibandingkan dengan milik perusahaan.

“Kami akan bertindak tegas jika peternakan dari luar daerah masuk ke Lebak tanpa dokumen kesehatan,” katanya.

Petugas nantinya akan disebar di pos lalu lintas Citeras, Warunggunung, Cipanas, Bayah, dan Banjarsari.  Pos-pos itu berbatasan langsung dengan Bogor, Sukabumi, Tangerang, Serang, dan Pandeglang. Disamping itu juga melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Rangkasbitung. 

“Kami berharap pengawasan hewan ternak itu dapat dikonsumsi masyarakat untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri dalam kondisi sehat,” katanya.

Ahmad Fadillah, salah seorang peternak Kambing asal Kecamatan Rangkasbitung mengaku mempersilahkan petugas dari Dinas Peternakan yang ingin memeriksa kesehatan kepada seluruh hewan ternak yang ada di kandangnya. Pasalnya, dia meyakini jika seluruh hewan ternak yang ada dalam keadaan sehat dan siap untuk di potong untuk keperluan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Saya kira tidak ada masalah, silahkan diperiksa kesehatan hewan ternak yang ada disini. Soalnya hewan hewan yang ada di kandang dalam keadaan sehat semua,” tandasnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related