Connect with us

METROPOLITAN

677 Calon Haji Asal Lebak Disuntik Vaksin Meningitis di RSUD dr Adjidarmo

Published

on

Lebak – Sebanyak 677 calon haji asal Kabupaten Lebak mengikuti penyuntikan vaksin meningitis atau imunisasi tubuh terhadap penyakit radang otak yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat di RSUD dr. Adjidarmo, Selasa (18/7/2017).

 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Lebak, Firman Rochmatullah mengatakan vaksinasi terhadap calon jemaah haji wajib dilakukan mengingat, keadaan wilayah timur tengah yang berbahaya dan bisa menyebabkan masyarakat Lebak terjangkit jika tidak dilakukan pencegahan.

“Wajib di vaksin meningitis dan kita pastikan untuk meningitis tidak dipungut biaya,” kata Firman kepada wartawan.

Menurutnya, dari 677 calon jemaah haji Kabupaten Lebak, berdasarkan data pemeriksaan di puskesmas hampir 68% termasuk kedalam kategori resiko tinggi (resti) karena memang mayoritas calon haji adalah masyarakat yang sudah usia lanjut.

“Calon haji akan diperiksa sedetail mungkin, agar ketika melaksanakan haji tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkap Firman.

Firman mengaku, tidak sedikit calon haji Kabupaten Lebak yang memerlukan pendampingan saat melakukan cek kesehatan tingkat Kabupaten ini. Karenanya, lanjut Firman, pelaksanaan vaksinasi dan cek kesehatan dilakukan selama 2 hari.

“Kita juga sediakan vaksin influenza tapi untuk vaksin tersebut sudah diluar departemen agama jadi memang harus bayar,” tutupnya.(Zie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + five =

Trending