Masyarakat Lebak Diimbau Waspada Bahaya Pestisida dalam Pangan

Date:

Lebak – Meningat saat ini kebutuhan akan buah dan sayuran semakin meningkat, kondisi tersebut mendorong petani melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas produksi termasuk mutu dan tampilan produk, meskipun pengunaan pestisida terbukti efektif meningkatkan produksi pertanian, bukan berarti penggunaannya tidak menimbulkan dampak buruk, baik dari sudut pandang kesehatan maupun ekonomi.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Dinas Ketahanan pangan (Ketapang) Kabupaten Lebak menghimbau masyarakat untuk mewaspadai bahaya pestisida dalam bahan pangan.

 

“Kita terus lakukan pengawasan agar masyarakat tetap bisa mengkonsumsi pangan yang sehat,” kata Kepala Dinas Ketahanan pangan, Kosim Ansori kepada Banten Hits, Selasa (21/11/2017).

Menurutnya, penggunaan pestisida dalam budidaya pertanian memang dilematis, karena di satu sisi penggunaannya bermanfaat untuk meningkatkan hasil tanam, namun di sisi yang lain dapat berbahaya bagi kesehatan manusia jika penggunaannya berlebihan.

“Kita Imbau Masyarakat harus lebih berhati-hati agar terhindar dari berbagai penyakit,” ujarnya.

Kata Kosim, sayuran dan buah merupakan bahan pangan yang cukup tinggi cemaran pestisidanya. Oleh karenanya sebagai konsumen masyarakt harus mewaspadai dan cermat dalam mengamati fisik sayuran dan buah sebelum membeli.

“Dengan memilih, membeli, mengkonsumsi buah atau sayuran yang berlabel organik serta mencuci dengan air mengalir akan mengurangi resiko dampak paparan pestisida pada pangan,” pungkasnya.(Zie)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related