Connect with us

EKONOMI & BISNIS

Rabu Dini Hari, Simpang Susun Cikande Resmi Beroperasi

Published

on

Simpang Susun Cikande

Jalan Simpang Susun Cikande resmi beroperasi pada Rabu, 2 Mei 2018 dini hari. (Foto: Istimewa)

Serang – Mulai Rabu, 2 Mei 2018 dini hari, Jalan Simpang Susun Cikande (interchage), di Desa Julang, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, resmi beroperasi.

Beroperasinya Simpang Susun Cikande setelah Pemkab Serang menerima surat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Kamis (26/4) lalu tentang Penetapan Simpang Susun Cikande sebagai bagian dari jalan Tol Tangerang-Merak.

“Beroperasi pukul 12 malam. Kemudian diresmikan oleh Ibu Bupati (Tatu Chasanah-red),” kata Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Serang, M. Roni kepada Banten Hits, Selasa (1/5/2018).

Setelah rampung kemudian dihibahkan ke Kementerian PUPR, Simpang Susun Cikande nantinya dikelola oleh PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola jalan Tol Tangerang-Merak.

BACA :  7.000 Ton Beras DKI Dikirim ke Lebak Penuhi Kebutuhan Akhir Tahun

BACA JUGA: Simpang Susun Cikande Diharapkan Dorong Investasi di Serang Timur

Persoalan kemacetan di wilayah Serang Timur yang menjadi daerah industri, terutama di Jalan Serang-Jakarta, Kecamatan Cikande dan Kibin, terjadi hampir setiap hari. Kemacetan, merugikan masyarakat pengguna jalan dan mobilitas produk industri juga berimbas pada menurunnya daya tarik investasi.

Di bawah kepemimpinan Bupati Ratu Tatu Chasanah, pembangunan simpang susun akses menuju jalan tol Tangerang-Merak dipercepat. Proses pembangunan interchange dilaksanakan Dinas PUPR Kabupaten Serang.

Total anggaran fisik Rp194.396.563.000 di luar biaya konsultan dan lahan. Tahap pertama dengan nilai kontrak Rp137.602.973.000, dilaksanakan oleh PT. PP (Persero) Tbk.

Kemudian, pada tahap lanjutan Rp56.793.590.000 dilaksanakan PT Modern Widya Tehnical. Anggaran berasal dari APBD Banten, APBD Kabupaten Serang, dan sumbangan pengusaha wilayah Serang Timur.

BACA :  Kampung Ciboleger Lebak Jadi Kampung UKM Digital ke-300

Selain menghilangkan kemacetan, simpang susun juga dapat meningkatkan nilai investasi hingga 3 kali lipat.(Nda)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler