Pj Sekda Optimis Laporan Keuangan Pemprov Banten TA 2018 Lebih Baik

Date:

Pemeriksaan BPK atas Keuangan Pemprov Banten 2018
Penjabat Sekda Banten Ino S Rawita  menerima Tim BPK Perwakilan Banten sebagai entry briefing pelaksanaan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018 pada Pemerintah Provinsi Banten. (Biro ARTP Setda Provinsi Banten)

Serang – Penjabat Sekda Banten Ino S Rawita  menerima Tim BPK Perwakilan Banten sebagai entry briefing pelaksanaan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018 pada Pemerintah Provinsi Banten di ruang transit Pendopo Gubernur, Selasa, 29 Januari 2019.

Dalam keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com, Pj Sekda Banten Ino S Rawita yang didampingi Kepala OPD terkait menyambut baik kegiatan pemeriksaan awal pengelolaan keuangan Pemprov Banten TA 2018 yang akan dilaksanakan Tim BPK.

“Kita akan mulai di potret BPK apa yang telah dilakukan selama 2018 apa yang didapat oleh temen-temen OPD untuk dinilai keberhasilan atau kakurangan dan sebagainya,” kata Ino.

Ino mengatakan bahwa dengan adanya pemeriksaan ini akan memberikan gambaran atas kualitas pengelolaan keuangan Pemprov Banten yang telah dijalankan sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) yang berlaku.

“Mudah-mudahan pada saat nanti mulai menelisik terhadap administrasi dan laporan temen-temen OPD respek dan respon segala kebutuhan terkait berkas yang diperlukan oleh tim, pro aktif, jangan susah karena ini untuk memudahkan pemeriksaan,” ucapnya.

Ino juga mengatakan bahwa masih dibutuhkan masukan dan rekomendasi dari Tim BPK guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan dalam jajarannya.

Momentum ini, kata Ino dapat dijadikan sarana memotret pelaksanaan pengelolaan keuangan pada seluruh OPD sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan lebih lanjut jika masih ditemukan hal-hal yang belum sesuai dengan SAP yang berlaku.

“Mudah-mudahan penilaian dan evaluasi pemeriksaan pada tahun ini akan lebih baik lagi. Dan tentunya kita (Pemprov Banten) optimis pada 2019 ini laporan keuangannya lebih baik lagi dan tida ada masalah yang signifikan,” jelas Ino seraya menegaskan akan memerintahkan seluruh jajaran OPD  untuk senantiasa kooperatif selama kegiatan pemeriksaan tim.

Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy telah mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan keuangan sebanyak 2 kali berturut-turut yaitu Tahun Anggaran 2016 dan 2017.

Pengendali Teknis Pemeriksan dari BPK RI Perwakilan Banten Junaidi menyebut, kegiatan ‘entry meeting’ yang digelarnya bersama Pj Sekda dan jajaran merupakan suatu pertemuan untuk memulai pemeriksaan.

“Dalam hal ini kami akan mulai melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan tahun 2018 dan akan berlangsung selama 40 hari kedepan,” kata Junaidi.

Junaidi menjelaskan pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap kewajaran atas laporan keuangan yang sudah pihaknya terima dari Pemprov Banten. Adapun yang akan menjadi sasaran penilaian, yakni kewajaran pelaporan keuangan yang sesuai dengan kriteria standar akuntansi pemerintahan.

“Kami juga akan memeriksa bantuan keuangan parpol, biasanya ada di Kesbangpol juga dibantu Inspektorat,” jelas Junaidi.

Junaidi berharap adanya kerjasama Kepala Daerah bersama jajarannya untuk memperlancar proses pemeriksaan LKPD yang akan dilaksanakan Tim BPK.

Ia juga menekankan beberapa hal yang perlu disiapkan oleh jajaran di Pemprov Banten yaitu kelengkapan pertanggungjawaban keuangan, penataan dan pencatatan aset pada SKPD.

Reporter: Mahyadi
Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...