Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu Banten Gelar Upacara Melasti di Tangerang

Date:

Ribuan Umat Hindu di Banten ketika menggelar Upacara Melasti di Pantai Tanjung Pasir Kabupaten Tangerang. (Mahyadi/BantenHits).

Tangerang– Ribuan umat Hindu Provinsi Banten menggelar upacara melasti di Pantai Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Minggu, 3 Maret 2019. Upacara yang dilakukan untuk untuk membersihkan diri atau membuang kotoran dalam batin manusia ini merupakan salah satu kegiatan rutin dalam menyambut Hari Raya Nyepi tahun baru Caka 1941 yang jatuh pada tanggal Kamis, 7 Maret 2019.

Baca Juga: Umat Hindu di Banten Lakukan Upacara Melasti di Pantai Tanjung Pasir

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Banten Ida Bagus Alit Wiratmaja menjelaskan upacara melasti ini dilakukan seluruh umat Hindu di Banten baik dewasa maupun anak-anak dengan membawa aneka sesaji hasil bumi. Melasti sendiri terbagi kedalam dua kata Male dan Hasti yang bilamana disambungkan memiliki arti menghanyutkan kekotoran yang ada dalam diri dengan cara buang ke laut.

“Terpenting dalam upacara Melasti  ini untuk menuntun umat Hindu agar menghilangkan sifat merusak alam lingkungan dan menghilangkan sifat manusia yang merusak alam, seperti air, tanah dan udara,”kata Bagus kepada awak media.

Menurutnya, Upacara ini dilaksanakan sama dengan ritual Hindu Bali dan ritual Majapahit sehingga diharapkan melalui perayaan nyepi ini setiap umat hindu bisa meningkatkan toleransi kehidupan beragama khususnya di provinsi Banten.

“harapan kami umat Hindu seluruh masyarakat Indonesia bisa menjaga toleransi, menjaga keutuhan umat, kedamaian dan kemanan untuk menyukseskan pemilu serentak,”harapnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mau Tahu Ragam Produk Batik Khas Kota Tangerang? Datanglah ke Kampung Batik Kembang Mayang!

Berita Tangerang - Bagi Anda yang ingin mengetahui ragam...

Mengenal Golok Sulangkar Khas Baduy yang Mematikan: Hanya Bisa Dimiliki ‘Orang-orang Terpilih’

Lebak- Kekayaan alam dan budaya baduy memang seksi untuk...

Akhir Pekan Ala Aleg PKS Banten, Blusukan ke Wilayah Pelosok Lebak hingga Turun Ronda

Lebak- Iip Makmur, Anggota DPRD Provinsi Banten memutuskan untuk...

KPJ Rangkasbitung Rilis Lagu saat Pandemi Corona, Judulnya ‘Jangan Mudik Dulu’

Lebak- Kelompok Penyanyi Jalan (KPJ) Rangkasbitung merilis sebuah lagu...