Tak Hanya di Lebak, 10 Kotak Suara di Munjul Pandeglang Ditemukan Rusak Setelah Diguyur Hujan

Date:

Salah seorang petugas Pemilu ketika menunjukan kotak suara yang rusak setelah diguyur hujan. (Istimewa).

Pandeglang- Belasan Kotak Suara Pemilihan Umum atau Pemilu 2019 ditemukan rusak setelah diguyur hujan saat dalam perjalanan pengiriman menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS), Senin, 15 April 2019. 

Faktanya, tak hanya di Lebak, Kotak Suara yang sempat heboh dan digadang-gadang kuat dan tahan air tersebut juga ditemukan rusak di Kabupaten Pandeglang.

KPU menemukan 10 kotak suara di Kecamatan Munjul rusak setelah terkena air hujan. Padahal dalam proses pengirimannya KPU Pandeglang telah mengisyaratkan agar Panitia Pemungutan Suara (PPS) membungkusnya terlebih dahulu dengan plastik.

“Mungkin karena masuk ke sela-sela kantung plastik pembungkus kotak suara karena hujan deras,” kata Suja’i, Selasa, 16 April 2019.

Kendati demikian, Sujai memastikan bahwa perlengkapan logistik yang lain masih dalam keadaan baik, termasuk surat suara dan formulir salinan C1 yang berada dalam kotak suara. Pasalnya, kedua logistik tersebut sudah dilapisi oleh plastik transparan.

“Logistik lainnya aman tidak basah dan masih bisa digunakan. Tetapi sudah terselesaikan karena kita ada kotak suara cadangan. Setiap dokumen kami masukan kantung plastik transparan,”jelasnya.

Baca Juga: Hujan Deras, Belasan Kotak Suara di Empat Kecamatan Kabupaten Lebak Rusak

Sedangkan mengenai kebutuhan logistik, Sujai mengklaim bahwa semua kebutuhan logistik sudah terpenuhi. Pendistribusian dari gudang KPU pun sudah hampir selesai. KPU hanya menyisakan penyaluran logistik ke Kecamatan Karangtanjung.

“Distribusi sudah hampir selesai. Tetapi dari PPK ke PPS tertunda karena kemarin hujan deras jadi mereka menghentikan dulu. Dari KPU ada beberapa logistik yang belum ke Karangtanjung. Tapi sore ini sudah clear lah,”tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...