TPT Jembatan Rancagawe Longsor, Pasokan Air Bersih Untuk Warga Tersendat

Date:

Kondisi TPT jembatan Rancagawe mengalami longsor setelah diterjang hujan deras. (Istimewa).

Lebak- Tembok Penahan Tanah atau TPT Jembatan Rancagawe, desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar mengalami longsor, Kamis, 16 Mei 2019. Akibatnya pipa air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Multatuli mengalami kerusakan sehingga pasokan air bersih untuk warga tersendat.

Informasi diperoleh longsornya TPT jembatan Rancagawe kedalamannya mencapai 2 meter dengan lebar 4 meter. Jembatan yang aktif dilalui kendaraan besar itu longsor setelah hujan deras mengguyur wilayah kecamatan Kalanganyar beberapa hari kebelakang.

“Kejadiannya saya enggak tahu pasti jam berapa. Perkiraan antara pukul 16.00 – 17.00 WIB, karena saat kejadian kami sedang melaksanakan tahlil,”kata Bawi tokoh masyarakat setempat kepada awak media di lokasi kejadian, Jumat, 17 Mei 2019.

Bawi meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) segera menangani TPT jembatan dan bahu jalan yang longsor. Jika tidak segrera diperbaiki, dia khawatir akan kembali terjadi longsor susulan yang dapat menggerus badan Jalan Maulana Hasanudin.

“Kami juga meminta kepada manajemen PDAM Tirta Multatuli untuk segera turun ke lapangan memperbaiki saluran pipa yang rusak akibat longsor. Bahkan, air dari PDAM terus mengalir dan mengikis tanah yang ada di lokasi longsor,”paparnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related