Ketua MUI Sebut People Power Sudah Terjadi di Banten

Date:

Ketua MUI Banten AM Romly
Ketua MUI Banten AM Romly sebut people power sudah terjadi lewat Pemilu 2019. Romly mengimbau warga Banten tak perlu ke Jakarta pada 22 Mei 2019. Berdasarkan pleno rekapitulasi hasil Pilpres di KPU RI, mayoritas warga Banten ingin Indonesia dipimpin Prabowo-Sandi. (Foto: BantenHits.com/Mahyadi)

Serang – People power yang tengah ramai dibicarakan belakangan ini, dimaknai beragam: ada yang menganggap seolah people power momok menakutkan, ada juga yang menilai people power hal yang lazim dalam demokrasi. 

Ketua MUI Banten AM Romly memiliki pandangan, istilah people power merujuk pada gerakan besar dan hal tersebut sudah terlaksana pada 17 April 2019 melalui Pemilu.

“87 persen orang turun menunaikan hak pilihnya (lewat Pemilu). Kalau people power untuk mengulingkan pemerintahan itu sesuatu yang kita tidak setuju, karena tidak sesuai dengan konstitusi kita,” ujar AM Romly kepada awak media saat ditemui usai buka puasa di Rumah Dinas Gubernur Banten, Kamis 16 April 2019.

People power melalui Pemilu seperti yang dimaksud Romly memang telah terlaksanaterlaksana dengan damai di Banten. Hasilnya, mayoritas warga Banten ingin Indonesia dipimpin pasangan Prabowo-Sandi. Berdasarkan pleno rekapitulasi suara KPU RI, 4.059.514 warga Banten memilih Prabowo-Sandi. Sementara hampir setengahnya dari jumlah itu, yakn 2.537.524 warga lainnya memilih Jokowi-Ma’ruf.

Romly mengimbau, masyarakat Banten tetap tenang, tentram dan tidak terpancing dengan isu-isu. Romly juga menyarankan warga Banten tak perlu berangkat ke Jakarta pada 22 Mei 2019 mendatang.

“Jaga diri saja di Banten, tidak usah ke Jakarta. Kita tentram saja di sini,” harapnya.

Romly meminta, pihak yang merasa keberatan dengan proses politik untuk menempuh jalur hukum.

“Jangan bawa masyarakat yang tidak tahu apa-apa berbondong-bondong diajak ke sana (Jakarta) untuk kepentingan tujuan politik saja,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ketika Pj Gubernur Harus Hitung Sendiri Uang Santunan untuk 13 Penyelenggara Pemilu di Banten yang Wafat

Berita Banten - Pelaksanaan Pemilu 2024 di Banten berlangsung...

Anggota KPPS di Kadipaten Cilegon Meninggal Dunia Diduga Kelelahan

Berita Cilegon - Santo (23) warga Lingkungan Kadipaten, Kelurahan...

Ramai Nama Baru Kalahkan Suara Mantan Gubernur Banten di Real Count Sementara KPU

Berita Banten - Real count hasil Pemilu 2024 KPU...

Real Count KPU Hampir 50 Persen, Airin Rachmi Diany Caleg DPR RI Paling Digdaya di Banten

Berita Banten - Airin Rachmi Diany menjadi Calon Anggota...