Connect with us

Pemilu

45 Anggota DPRD Kota Serang Ditetapkan, Gerindra Kuasai Kursi Pimpinan

Published

on

Ketua KPU Kota Serang, Ade Jahran ketika memberikan keterangan pers usai penetapan anggota DPRD Kota Serang terpilih. (BantenHits.com/Mahyadi).

Serang- Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Serang menetapkan 45 anggota DPRD Kota Serang hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Partai Gerindra dan Golkar berhasil meraih perolehan kursi terbanyak.

Keduanya sama-sama memperoleh 7 kursi. Namun partai besutan Prabowo Subianto itu berhasil menumbangkan partai Golkar dari jumlah perolehan suara.

Alhasil dengan keunggulan perolehan suara, Gerindra berhak mendaptkan kursi ketua atau pimpinan di DPRD Serang.

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengatakan akan mengusulkan 45 anggota DPRD Kota Serang terpilih tersebut kepada Gubernur Banten melalui Wali Kota Serang.

“Partai politik terbanyak Gerindra dan Golkar masing-masing 7 kursi namun perolehan suaranya Gerindra lebih banyak dari pada Golkar,”kata Ade kepada awak media, Senin, 22 Juli 2019.

Selalin Gerindra dan Golkar, tutur Ade, Partai PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN dan Demokrat sama-sama memeperoleh 4 kursi. Sedangkan PKB dan PPP hanya 3 kursi.

“Sisanya NasDem dengan 6 kursi, PKS dengan 5 kursi, Hanura dan Berkarya sama memiliki dengan 1 kursi,”tuturnya.

Ade menjelaskan tidak hanya 45 nama caleg terpilih yang akan diserahkan kepada Gubernur Banten namun juga Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang akan dilampirkan dan dilaporkan ke gubernur Banten.

“Semuanya sudah serahkan LHKPN ke KPU dan itu juga akan di serahkan ke gubernur melalui Walikota, Kalau melantik urusannya Pemda dan Setwan. Tanggal 3 september pelantikan berdasarkan SE (surat edaran) Mendagri,” paparnya.

Ade juga mengklaim partisipasi pemilu tahun 2019 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, bahkan mampu melebihi target nasional.

“77,5 persen ini lebih besar dari target nasional,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending