Connect with us

METROPOLITAN

Zaki dan Anak Jokowi Kompak Ngomongin Silicon Valley Indonesia di Tangerang, Ini Bocorannya

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kamar) saat menghadiri penandatanganan kerjasama antara Sinarmas Land dengan GK Plug and Play Indonesia dan Digitaraya untuk mengakselerasi Startup melalui BSD Innovation Labs. di Gedung GOP Sinarmas Land, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Rabu, 11 September 2019. (Foto: Infokom Pemkab Tangerang)

Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Gibran Rakabuming Raka, putra pertama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, tiba-tiba kompak ngomongin Silicon Valley.

Yang dahsyat dari obrolan dua anak muda visioner ini adalah, mereka sepakat soal membuat kawasan seperti Silicon Valley California, Amerika Serikat di Indonesia. Kerennya lagi, lokasinya ada di Kabupaten Tangerang.

Seperti diketahui, Silicon Valley atau Lembah Silikon adalah julukan bagi daerah selatan dari San Francisco Bay Area, California Amerika Serikat. Julukan ini diraih karena daerah ini memiliki banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang komputer dan semikonduktor. Daerahnya termasuk San Jose, Santa Clara, Sunnyvale, Palo Alto, dan lainnya.

Nah, untuk di Indonesia, Zaki dan Gibran berharap wilayah Kabuoaten Tangerang, khususnya di kawasan Bumi Serpong Damai atau BSD dapat menjadi Silicon Valley-nya Indonesia.

Hal itu dikatakan setelah keduanya hadir dalam acara penandatanganan kerjasama antara Sinarmas Land dengan GK Plug and Play Indonesia dan Digitaraya untuk mengakselerasi Startup melalui BSD Innovation Labs. di Gedung GOP Sinarmas Land, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Rabu, 11 September 2019.

Digital Hub Project Leader dari Sinarmas Land Irwan Harapah selaku mengatakan, BSD Innovation Labs merupakan hasil kerja sama Sinar Mas Land, sebagai perusahaan properti dengan GK Plug and Play Indonesia, serta Digitaraya.

“Kami harap keberadaan BSD Innovation Labs berguna bagi fresh talent di bidang digital sehingga kita dapat menyaksikan berbagai inovasi digital yang dikerjakan para tim startup lahir di Digital Hub BSD City,” ungkapnya, seperti dilansir dalam keterangan tertulis.

Gibran mengatakan, nantinya, inovasi terbaru itu akan mendukung perkembangan bisnis startup berbasis digital yang saat ini terus berkembang serta, menjadi startup accelerator untuk property technology pertama di Indonesia.

“Inovasi ini sangat baik tentunya. Saya pikir, dengan kolaborasi antara ketiganya ini dapat mengembangkan dengan baik startup yang ada di Indonesia. Bahkan, jika hal ini berjalan baik, maka tentunya kawasan BSD ini menjadi Silicon Valleynya Indonesia. Saya harap itu terjadi, karena ekosistem digital di sini sudah bagus,” jelasnya.

Sementara itu, Zaki yang dikenal pemimpon muda di Banten, sudah pasti menyambut baik inovasi tersebut, terutama dalam membantu perbaikan dan pengembangan ekonomi digital masyarakat yang bergerak di bidang usaha kecil mikro (UKM).

“Soal akan terbangun Silicon Valley-nya Indonesia di sini (Tangerang), tentu saya menyambut baik. Tapi di lain itu, dengan adanya inovasi itu, saya cuma meminta, agar inovasi itu juga bisa menjadi jembatan untuk masyarakat yang bergerak di bidang UKM, mereka bisa rasakan peningkatan kesejahteraannya melalui pengembangan ekonomi digital. Jangan sampai seperti menara gading, hanya bisa dilihat saya, tidak bisa dirasakan masyarakatnya,” ujarnya.

BSD Innovation Labs yang berada di GOP 1 The Breeze, Tangerang ini akan direncanakan mulai beroperasi pada 2020 mendatang. Lembaga ini akan menjadi wadah para tim startup, baik yang baru merintis ataupun yang sudah lama bergelut di dunia ekonomi digital.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending