Connect with us

METROPOLITAN

Awal November Sekda Kota Tangerang Akan Ditetapkan, Ini Tiga Calon Peraih Nilai Seleksi Tertinggi

Published

on

Penandatanganan berita acara mutasi di lingkup Pemkot Tangerang. Sebanyak 114 pejabat eselon II, III dan IV dimutasi Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah. (Dok.Banten Hits.com)

Tangerang – Proses seleksi calon sekretaris daerah atau Sekda Kota Tangerang telah rampung. Tiga dari lima peserta dengan nilai seleksi tertinggi akan diserahkan Pemkot Tangerang ke KASN.

“(Seleksi) hasilnya akan dilaporkan ke KASN,” kata Kepala BPSDM Kota Tangerang Akhmad Lutfi kepada BantenHits.com, Minggu, 13 Oktober 2019.

Menurut Lutfi, hanya tiga dari lima peserta yang meraih nilai tertinggi yang akan dilaporkan ke KASN. Mereka adalah Said Endrawiyanto, Tatang Sutisna, dan Herman Suwarman.

Berdasarkan hasil seleksi yang dipublish di laman kotatangerang.go.id, Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tertinggi Pratama yang diketahui Prof. Dr. Ahmad Shiabudin, telah menetapkan Said Endrawiyanto sebagai peserta dengan nilai tertinggi. Dari empat tahapan seleksi, Said meraih total nilai 364.

Urutan kedua ditempati Tatang Sutisna dengan total nilai 346,96; selanjutnya Herman Suwarman dengan nilai 332,10; Irman Pujahendra dengan nilai 308,04; serta Engkos Zarkasyi dengan nilai 303,36.

Empat tahapan seleksi yang dijalani calon sekda Kota Tangerang terdiri assesment, rekam jejak, wawancara, dan penulisan makalah. Nilai yang diperoleh Said unggul pada tiga tahapan seleksi pertama. Said hanya kalah di seleksi terakhir, yakni penulisan makalah. Nilai tertinggi untuk seleksi itu diraih Tatang Sutisna.

Karena tahapan seleksi sudah rampung semua, Akhmad Lutfi memprediksi awal November 2019 ini Pemkot Tangerang telah memiliki sekda.

“Awal bulan Nopember mungkin bisa (diumumkan),” jelas Lutfi.

Tak Berpatokan Nilai

Sebelumnya, Sihabudin kepada wartawan menjelaskan, panitia seleksi akan menyerahkan tiga nama calon sekda kepada Wali Kota Tangerang Senin, 14 Oktober 2019.

Namun, tiga nama tersebut tak berpatokan pada tinggi rendahnya nilai hasil seleksi. Tiga nama tersebut juga akan dikonsultasikan ke Gubernur Banten dan KASN.

“Intinya tiga nama yang diajukan merupakan hasil dari rapat panitia seleksi, dan dianggap mampu menjalankan tugas sebagai sekretaris daerah. Dan, keputusan berikutnya ada di pak wali kota,” jelasnya.

Tahapan Seleksi Sekda Kota Tangerang dimulai dengan Seleksi Administrasi yang digelar dua hari, 26 – 27 September 2019. Berdasarkan seleksi, panitia hanya menetapkan lima peserta yang lolos untuk mengikuti seleksi lanjutan.

Empat dari lima peserta seleksi diketahui merupakan lulusan Institut Perguruan Tinggi Dalam Negeri (IPDN). Hanya Tatang Sutisna yang bukan lulusan IPDN. Tatang saat ini menjabat Pjs Sekda Kota Tangerang.

Editor Darussalam Jagad Syhadana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending