Connect with us

METROPOLITAN

Terjebak di Lokasi Tambang Emas Eks PT Antam Lebih 24 Jam, Sembilan Warga Citorek Ditemukan Selamat

Published

on

Petugas gabungan saat mengevakuasi sembilan warga Citorek yang terjebak di dalam galian emas usai dilanda bencana longsor. (Istimewa).

Lebak- Sembilan warga Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak berhasil ditemukan dan dievakuasi petugas gabungan Basarnas, BPBD, TNI-Polri dan masyarakat, Minggu, 8 Desember 2019.

Sebelumnya, mereka dilaporkan terjebak di dalam lubang galian tambang emas eks PT Antam di Kampung Cipnggelesan, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak setelah bencana banjir bandang dan longsor melanda.

Baca Juga: Sembilan Warga yang Tertimbun Longsor Citorek Penambang Emas Ilegal

Terjebak sejak Jumat, 6 Desember 2019 pukul 15.00 WIB, ke sembilan warga Citorek itu berhasil dievakuasi dengan kondisi selamat. Mereka masing-masing Oco (29), Tata (31),Dari (37), Ade, Fai (25) Surahman (50) Fulih, Suanda (25) dan Hamdun (35). 

“Ya, alhamdulillah sudah berhasil diselamatkan. Semuanya selamat,” kata Kepala BPBD Lebak, Kaprawi kepada awak media.

Kaprawi mengatakan, terdapat 12 orang di dalam lubang 400 tersebut. Tiga orang berhasil menyelamatkan diri, sembilan orang lainnya terjebak akibat lubang galian tertutup material longsor.

“Tiga orang saat longsor terjadi berhasil keluar, nah 9 orang ini terjebak karena lubang tertutup longsor,” ungkap Kaprawi.

Baca Juga: Lokasi Sulit Dijangkau, Sembilan Warga Diduga Hilang Tertimbun Longsor Kawasan Wisata Gunung Luhur CitorekBaca Juga:

Sembilan orang yang berhasil dievakuasi langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapat penangan medis.

“Sembilan orang yang terjebak di lubang galian selamat, dan saat ditemukan dalam kondisi lemas,” terang Kasubsiops Basarnas Banten, Heru Amir.

Editor: Fariz Abdullah

Trending