Connect with us

METROPOLITAN

Populasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon Bertambah

Published

on

Badak Jawa Melahirkan

Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) saat melahirkan. (Foto: Istimewa)

Pandeglang – Populasi Badak Jawa alias Rhinoceros Sondaicus di Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang, dilaporkan bertambah setelah lahirnya empat Individu bayi badak pada 2019.

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) Anggodo mengatakan berdasarkan hasil monitoring menggunakan video trap di sampai akhir September 2019, telah lahir empat individu Badak Jawa.

“Anak Badak Jawa ini terdiri dari betina dua individu, jantan satu individu dan yang satunya belum diketahui,” katanya kepada BantenHits.com, Kamis, 12 Desember 2019.

Selain pada tahun 2019, pada tahun 2018 juga telah lahir empat individu Badak Jawa. Sehinga, keseluruhan populasi Badak Jawa menjadi 72 individu yang terdiri dari 38 individu jantan, 33 individu betina dan 1 belum diidentifikasi.

BACA :  Simpan Narkoba Dalam Kemaluan, Wanita Cantik di Tangerang Ditangkap Polisi

“Kelas umur Badak Jawa terdiri dari 15 individu anak dan 57 individu remaja sampai dewasa,” jelasnya.

Anggodo menyebut jumlah ini merupakan angka tertinggi yang tercatat sejak tahun 1967, 1980, 1983, dan 2007 yang berjumlah 64 individu, sehingga dia menyimpulkan bahwa habitat Badak Jawa di TNUK masih bagus.

“Kondisi habitat sampai saat ini masih bagus, terbukti bahwa setiap tahun sejak tahun 2012 selalu terekam kelahiran anak Badak Jawa di Ujung Kulon,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh