Bayi Perempuan Ini Bernama Tsunami dengan Nama Panggilan Tami, Lahir 7 Januari 2020 sesaat Setelah Amuk Banjir Pergi

Date:

Sukmariah, Korean banjir bandang di Lebak bersama bayi perempuannya yang baru dilahirkan. Bayi tersebut diberi nama Tsunami. (Foto: Suara.com)

Lebak – Spontan. Itulah alasan Sukmariah (24), warga Kampung Bolang, Desa Bungur Mekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, menyematkan nama Tsunami pada bayi perempuannya yang lahir Selasa dini hari, 7 Januari 2020.

Meski demikian, bukan tanpa alasan nama unik itu disematkan. Hari-hari sebelum Tsunami lahir, amuk banjir bandang melanda kawasan tersebut, Rabu, 1 Januari 2020.

Dikutip dari Suara.com jaringan BantenHits.com, saat banjir bandang melanda, Sukmariah tengah menunggu hari kelahiran anak keduanya itu. Saat itu, Sukmariah harus berjibaku menerjang derasnya banjir bandang.

Sukmariah menuturkan, saat banjir menyergap, seperti biasa dia tengah melakukan aktivitasnya sehari-hari sebagai ibu rumah tangga, mengurus pekerjaan rumah, mempersiapkan sarapan untuk suaminya Anul (28) dan anak pertamanya Rafa Naufal yang masih berusia 5 tahun.

Namun, pekerjaan Sukmariah terhenti setelah mendapat kabar rumah saudaranya yang jaraknya tidak jauh mulai terendam banjir. Tanpa pikir panjang, Sukmariah meninggalkan pekerjaan dan bergegas untuk membantu saudaranya.

“Saya pikir banjir biasa saja tidak akan mungkin sampai ke rumah saya. Emang sering banjir, ya banjir biasa aja. Tapi, pas saya ke bawah, air di rumah kakak udah sepinggang,” kata Sukmariah, Kamis, 9 Januari 2020.

Tanpa memperdulikan perabotan yang ada di rumah saudaranya yang sedikit-sedikit terendam air, Sukmariah langsung meraih salah satu anak saudaranya yang masih balita kemudian menggendong dan membawanya ke tempat lebih tinggi. Di luar perkiraan, air begitu cepat naik, hingga mulai merendam rumah Sukmariah dan orangtuanya yang secara letak lebih tinggi dari rumah saudaranya.

“Suami juga nggak bisa nyelamatin barang-barang di dalam rumah, rumah keburu ambruk. Ya udah, yang ada dalam pikiran saya gimana nyelamatin nyawa sendiri, anak kakak dan bayi dalam kandungan,” ucap Sukmariah.

Derasnya air bercampur lumpur membuat Sukmariah yang sedang berbadan dua dan menggendong anak saudaranya kelelahan. Ia bahkan nyaris pingsan dan terbawa arus saat berjalan menerobos banjir menuju ke tempat aman.

“Sekuat tenaga saya dipegangi suami saya, kondisi air sudah sedada, jadi berenang sebisa-bisanya aja sambil gendong anak kakak. Dalam pikiran saya, gimana caranya bisa lewatin banjir dulu,” tuturnya.

Perjuangan Sukmariah belum selesai. Pasalnya, setelah melewati banjir, ia harus menuju sebuah tanah lapang yang letaknya lebih tinggi dengan berjalan kaki hampir 4 jam karena khawatir air akan semakin tinggi. Dengan sisa-sisa tenaga membawa calon bayi di dalam perut, Sukmariah sesekali berlari agar cepat sampai ke tempat yang dituju.

“Ada ratusan orang juga di bukit tanah lapang itu. Ternyata, air yang dari arah lain juga tinggi, kita itu posisinya kayak di pulau dikelilingi air. Untungnya, air surut kalau semakin besar nggak tahu gimana nasib kami,” ungkapnya.

Setelah air surut, Sukmariah bersama ratusan orang lainnya dievakuasi menyeberangi sungai menggunakan rakit ke tempat kepala desa kemudian dibawa ke tempat pengungsian. Tepat pada Senin, 6 Januari 2020, Sukmariah memeriksakan kondisinya karena merasa ada yang janggal dalam kandungannya.

“Iya saya merasa kok bayi dalam kandungan enggak gerak-gerak, saya periksa ke dokter di pengungsian. Kemudian, saya dirujuk ke Puskesmas Pajagan dan dirujuk lagi ke rumah sakit,” kata dia.

Dokter rumah sakit pun memutuskan untuk mengambil langkah operasi caesar terhadap calon bayi Sukmariah. Sekira Selasa dini hari, 7 Januari 2020 pukul 00.33 WIB, bayi mungil berjenis kelamin perempuan lahir dengan selamat dengan berat. Oleh kedua orangtuanya, bayi seberat 2,8 kilogram dan panjang 50 centimeter diberi nama Tsunami.

“Nanti dipanggilanya Tami. Semoga jadi anak yang kuat, soleha, berbakti kepada agama, orangtua. Nama Tsunami spontan saja, karena terkenang dengan air banjir bandang yang besar merusak rumah-rumah warga seperti tsunami,” tutur Anul.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...