Cara Ponpes Moderat Jami’atul Ikhwan Cegah Virus Corona; Terapkan Jarak Antar-santri saat Ngaji hingga Lakukan Disinfeksi

Date:

Sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona di Ponpes Jami’atul Ikhwan Serang. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 Pondok Pesantren (Ponpes) Moderat Jami’atul Ikhwan, mengikuti imbauan dari Kapolri dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Sejak Selasa, 13 Maret 2020, pondok pesantren yang berada di Malanggah, Tunjung Teja, Kabupaten Serang ini, sudah memulangkan 200 santrinya, mulai tingkatan sekolah menengah pertama (SMP) sampai tingkat madrasah aliyah. Selain itu, juga ada santri pondok pesantren salafiyah.

“Yang ada di sini sekitar tinggal 30 puluh persen dan itupun tiga kelas, jadi ketika pengajian sudah diterapkan pola menjaga jarak sebelumnya,” kata Pimpinan Ponpes, KH. Khudori Yusuf, usai melakukan sosialisasi, Kamis 2 April 2020.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan serta membersihkan semua lingkungan di area ponpes mengupayakan penyebaran virus corona tidak sampai di lingkungan ponpes. Khudori juga mensosialisasikan tata cara mencuci tangan sesuai anjuran pemerintah.

“Sudah saya sampaikan bahwa santri bukan hanya sebatas cuci tangan artinya kalau cuci tangan hanya kurikulum puskesmas, sementara pondok pesantren ada kurikulum yang namanya berwudhu, kan ada hadis cuci tangan,” kata Khudori.

Khudori beranggapan, begitu pentingnya mensosialisasikan hidup bersih terhadap masyarakat.

“Akhirnya masyarakat hidup secara bersih, karena kita tahu bahwa kita ini terkadang, masyarakat masih kurang perhatian terhadap lingkungan yang bersih dan sehat,” tuturnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...