Ssstt..Harga Minyak Mentah Dunia Ternyata Sedang Turun, Legislator dari Tangerang Minta Pemerintah Turunkan Harga BBM Segera!

Date:

Legislator asal Tangerang Mulyanto meminta Pemerintah Indonesia menurunkan harga BBM menyusul turunnya harga minyak mentah dunia. Foto ilustrasi: AMT Pekerja PT Elnusa Petrofin (EPN) melakukan Pengecekan Tangki BBM. (Istimewa)

Tangerang – Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan harga saat ini dengan kisaran harga USD 20 perbarel. Pemerintah Indonesia diminta segera melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak alias menurunkan harga BBM saat ini juga. 

Hal tersebut disampaikan legislator darinTangerang yang juga anggota Komisi VII DPR RI dari FPKS, Mulyanto.

Mulyanto mengatakan, pemerintah harus komitmen dengan ketentuan yang dibuat sendiri bahwa harga jual BBM dalam negeri akan mengikuti mekanisme pasar minyak dunia. Sehingga ketika harga minyak mentah dunia anjlok dari kisaran USD 60 perbarel ke USD 20 perbarel seharusnya harga jual ke masyarakat juga harus disesuaikan.

“Pemerintah jangan mau ambil untung saja dalam penyediaan BBM bagi rakyat. Ketika harga minyak dunia naik, harga BBM ikut naik. Tapi ketika harga minyak dunia turun, harga BBM malah tidak ikut turun,” kata Mulyanto melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com, Jumat, 10 April 2020.

“PKS menagih komitmen Pemerintah dalam melayani rakyat. Kalau benar Pemerintah menetapkan harga jual BBM berdasar harga minyak dunia maka harusnya sekarang harga BBM sudah turun,” tegas Mulyanto.

Mulyanto paham, bahwa harga minyak dunia bukan satu-satunya variabel penentuan harga jual BBM. Masih ada variabel lain yang perlu dihitung, seperti perubahan nilai tukar rupiah terhadap dolar dan periode pembelian persediaan minyak mentah untuk diolah sebagai BBM yang akan dipasarkan.

Namun, dengan penurunan harga minyak mentah dunia hingga 50% harusnya penurunan tetap dapat dilakukan meskipun pada saat yang sama nilai tukar rupiah terhadap dolar juga sangat tinggi.

Sebab dalam perhitungan nilai jual BBM kepada rakyat, harga beli minyak dunia merupakan komponen utama yang sangat menentukan. Sementara komponen nilai tukar dan lainnya tidak terlalu berpengaruh secara signifikan.

Mulyanto mengapresiasi program delivery service BBM yang dibuat Pertamina. Namun, yang lebih penting dari itu dan sangat ditunggu-tunggu masyarakat dalam kondisi seperti sekarang adalah kebijakan penurunan harga BBM.

“Penurunan harga BBM dalam negeri tersebut tentu akan membantu meringankan beban masyarakat di tengah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia,” tandas Mulyanto.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...