Connect with us

Berita Utama

Pusat-pusat Berkumpulnya Orang di Banten Yang Sudah Ditemukan Pasien Postif Covid-19

Published

on

Sejumlah tempat-tempat keramaian di Banten, mulai dari tempat ibadah hingga pabrik diduga sudah terpapar Virus Corona (Covid-19). Foto Ilustrasi: Evakuasi WNA Thailand yang terjebak Pandemi Corona di Indonesia menggunakan alat perlindungan diri (APD) lengkap. (Dok Lion Air)

Tangerang – Penyebaran virus Corona (Covid-19) di Provinsi Banten trennya terus meningkat. Hal tersebut terlihat dari jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Berdasarkan informasi yang disampaikan laman infocorona.bantenprov.go.id, hingga Kamis, 30 April 2020 pukul 10.20 WIB, tercatat ada 332 kasus positif Covid-19 ditemukan di Banten dengan rincian 227 dirawat, 59 sembuh, dan 46 meninggal.

Sementara pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Banten mencapai 1.431 dengan rincian 875 dirawat, 408 sembuh, dan 148 meninggal.

BACA :  Kertas Berisi Ancaman Teror Ditemukan di Mobil Polisi Serang

Kemudian jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 6.410 dengan rincian 1.786 masih dipantau dan 4.624 sembuh.

Pemerintah Provinsi Banten juga telah melakukan rapid test massal di delapan kota dan kabupaten di Banten terhadap sedikitnya 23.058 warga. Hasilnya, 628 dinyatakan reaktif Corona alias positif Corona versi rapid test, sehingga harus menjalani test swab untuk memastikannya.

Berdasarkan catatan BantenHits.com, kasus positif Covid-19 ditemukan menyebar pada sejumlah kalangan dengan latar belakang aktivitas di sejumlah tempat keramaian.

Berikut tempat-tempat keramaian di Banten yang sudah ditemukan pasien positif Covid-19:

1. Tempat Ibadah

Penemuan pasien positif Covid-19 dengan latar belakang aktivitas di tempat ibadah menjadi penemuan pertama Covid-19 di Kota Tangerang.

BACA :  Tokoh PDIP di Banten Akui Kepemimpinan Kader Demokrat di Lebak Lebih Baik Dibanding Dirinya

Saat itu, awal Maret 2020, seorang jemaat menjalani perawatan di ICU RSUD Kota Tangerang dengan kondisi yang terus memburuk.

Pasien ini bahkan sempat memaparkan virus ke tenaga medis di RSUD Kota Serang karena pasien tak jujur dengan kondisinya.

Kepastian pasien terpapar Covid-19 diperoleh dari informasi pengurus tempat ibadah yang menyatakan ada delapan jemaatnya sudah dinyatakan positif Covid-19 dan dirawat di sejumlah rumah sakit di Jakarta.

Gejala-gejala yang dialami para jemaat muncul setelah melakukan kegiatan peribadatan massal.

2. Industri Rumahan

Industri rumahan berupa kegiatan usaha konveksi di Cipondoh, Kota Tangerang, menjadi pusat keramaian yang diduga telah terpapar Covid-19.

Hal tersebut terungkap setelah seorang perempuan, pekerja konveksi di Cipondoh yang jadi PDP Corona asal Carita, Kabupaten Pandeglang meninggal dunia di RSUD Banten, Rabu, 4 April 2020.

BACA :  Job Fair Kota Cilegon 2019, Registrasi Online yang Sulit Hingga Rusaknya Fasilitas Hotel

Dia dinyatakan positif Corona setelah hasil pemeriksaan laboratorium Balitbang Kemenkes keluar, Rabu, 15 April 2020.

Jubir Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Dr Achmad Sulaeman mengatakan, pasien tersebut sudah lama berada di Kota Tangerang.

3. Pabrik

Penemuan dua buruh pabrik PDP Corona yang meninggal dunia di Kabupaten Tangerang, cukup mengejutkan. Pasalnya Tangerang dikenal sebagai kota seribu industri.

Dua buruh pabrik yang meninggal ditemukan di PT PEMI Balaraja, sebuah pabrik pembuatan suku cadang mobil.

Tak hanya dua buruh yang meninggal, di pabrik tersebut petugas menemukan lima buruh lainnnya dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan rapid test. Mereka pun langsung menjalani test swab.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler