Connect with us

Berita Terbaru

Wow! PLN Siapkan Stimulus untuk Pelanggan; Pembebasan Rekening Minimum dan Biaya Beban

Published

on

Petugas PLN saat memperbaiki KWH listrik. (Istimewa)

Tangerang- Kabar baik menghampiri para pelanggan PLN di Indonesia. Bagaimana tidak, perusagaan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini telah menyiapkan mekanisme pemberian stimulus Tarif Tenaga Listrik (TTL).

TTL dari pemerintah itu berupa pembebasan rekening mininum bagi pelanggan Sosial, Bisnis, dan Industri dengan daya dimulai dari 1300 VA ke atas. Apabila pemakaian pelanggan di bawah kWh minimum, maka pelanggan cukup membayar sesuai pemakaian kWh nya.

Selain itu, stimulus ini juga diberikan bagi pelanggan Sosial daya 220 VA sampai dengan 900 VA, Pelanggan Bisnis dan Industri daya 900 VA berupa pengurangan biaya beban.

BACA :  Harapan Mahasiswa Pandeglang kepada Kajari Baru

Usut punya usut, stimulus pemerintah ini diberikan untuk meringankan beban pelanggan menghadapi pandemi Covid-19.

“Sebagai BUMN, PLN siap menjalankan kebijakan pemerintah untuk memberikan stimulus berupa pembebasan rekening minimum dan biaya beban,”kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril.

“Melalui stimulus Tarif Tenaga Listrik ini, pelanggan hanya perlu membayar sesuai dengan pemakaian riil. Sementara selisih dari Rekening Minimum atau Jam Nyala Minimum terhadap rekening realisasi pemakaian serta Biaya Beban menjadi stimulus yang dibayar Pemerintah,”tambahnya.

Sari menerangkan timulus ini berlaku sejak rekening Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember Tahun 2020. PLN memastikan stimulus ini tidak akan mengganggu keuangan PLN.

Mengingat setiap stimulus yang diberikan akan diganti pemerintah melalui mekanisme kompensasi seperti halnya stimulus yang telah diberikan kepada pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi serta industri dan bisnis kecil berdaya 450.

BACA :  Ulama, Santri dan Masyarakat Banten Tolak Investor Air Minum PT Tirta Fresindo Jaya

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler