Connect with us

Berita Terbaru

Gaya Hidup Ala dr. Theo Agar Terhindar dari Penyakit Menular di Musim Pancaroba

Published

on

Ilustrasi Hujan

Ilustrasi Hujan Tribunnews.com

Tangerang- Sejumlah penyakit rentan menular saat memasuki musim pancaroba. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh kuman, bakteri dan virus yang timbul akibat perubahan cuaca seperti saat ini.

Dokter spesialis penyakit dalam Rumah Sakit Umum (RSU) Siloam Karawaci dr. Theo mengatakan, masyarakat harus bisa  menjaga pola prilaku dan mengatur asupan gizi saat mengkonsumsi makanan. Menurut Theo, dua hal mendasar tersebut kerap dilupakan oleh masyarakat yang hidup di iklim tropis seperti di Indonesia. 

“Saya ambil contoh, prilaku masyarakat di luar negeri yang terbiasa menghadapi empat musim. Disaat cuaca dingin, mereka mengubah pola makan. Dan disaat musim semi atau musim panas, mereka menyesuaikan pakean yang cepat menyerap keringat namun tahan terhadap angin,” katanya.

BACA :  Dihadapan Menteri Rini, Iti Jayabaya Curhat soal Kondisi Lebak

“Hal ini yang harus dicontoh dan  dilakukan terlebih dahulu bagi masyarakat Indonesia sebelum menghadapi musim pancaroba”, ujar dr. Theo, Selasa 8 Desember 2020.

Kondisi perubahan cuaca ini, kata Theo, berdampak pada perubahan pola patogen (pembawa) juga akan perubahan pola trasmisi (penyebaran). 

“Musim pancaroba juga dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit seperti asma, sakit kepala, flu, hingga sakit pada saluran pencernaan juga pada persendian,”tambahnya.

Theo pun mengingatkan, upaya untuk menyesuaikan prilaku gaya hidup dapat mencegah masyarakat Indonesia dari berbagai penyakit pancaroba. Misalnya, denga membiasakan diri menggunakan peralatan anti hujan, serta mengkonsumsi makanan penuh gizi.

“Juga membiasakan diri mengelola lingkungan tinggal disaat musim penghujan dan musim kemarau,” katanya.

BACA :  Sidang Digelar Malam, Mantan Anak Buah Airin Divonis Empat Tahun

Dari pengamatan di RSU Siloam Karawaci, kerap ditemukan pasien yang mengalami saluran pencernaan ataupun penyakit leptospirosis pada musim pancaroba berlangsung. Umumnya penyakit tersebut dapat ditangani dengan baik di RSU Siloam Karawaci. 

“Di musim penghujan memang biasanya kami mengalami peningkatan pasien akibat penyakit saluran pencernaan yang umumnya disebabkan oleh kualitas air. Salah satunya akibat banjir atau terganggunya pola makan karena gizi tidak seimbang,” katanya.

“Begitu pula  pada saat musim kemarau, kami pernah menangani penyakit leptospirosis atau yang umum adalah radang di areal telinga hidung dan tenggorokan,”sambungnya.

Editor: Fariz Abdullah



Rifat Alhamidi memulai karir sebagai jurnalis pada sejumlah media massa di Banten. Di masa kuliahnya, pria kelahiran Pandeglang ini dikenal sebagai aktivis mahasiswa. Dia memiliki ketertarikan pada dunia sosial dan politik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler