Mau Daftar SMA/SMK di Kab. Tangerang; Begini Alurnya

Date:

Kepala KCD Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tangerang Bayuni. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022 tingkat SMA/SMK di Kabupaten Tangerang segera dibuka.

Untuk SMK pendaftaran bagi siswa baru akan dibuka lebih dulu yakni pada 14-18 Juni 2021. Sedangkan SMA pendaftaran dibuka pada 21-23 Juni 2021.

Kepala Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tangerang, Bayuni mengatakan, sesuai peraturan kemendikbud nomor 1 Tahun 2021 PPDB dibagi ke dalam 4 jalur penerimaan yakni jalur zonasi, prestasi, afirmasi, dan perpindahan orang tua.

Di Banten, kuota jalur zonasi ditetapkan sebanyak 60 persen, jalur prestasi 20 persen, Afirmasi 15 persen, dan perpindahan orang tua 5 persen.

“Jalur zonasi itu 60 persen. Minimal kan 50 yah, Jawa Tengah 55 persen. Kita Banten mengambil kebijakan 60 persen,” Kata Bayuni kepada BantenHits.com, Jumat 11 Juni 2021.

Ia menjelaskan, proses pendaftaran dilakukan secara online melalui website ppdb.bantenprov.go.id.

Meski begitu, proses penyerahan berkas dasar seperti rapot, kartu keluarga (KK), akte, atau NISN dilakukan secara luring (offline) dengan menaruhnya pada loker yang sudah disiapkan di setiap sekolah.

“Daftar secara online atau di kolektif di sekolah juga bisa. Tapi untuk penyerahan berkas dan daftar ulang dilakukan secara luring mereka menyerahkan ke sekolah,” Terangnya.

Untuk mengantisipasi gangguan server pada saat mendaftar, ia menjelaskan, Dinas Pendidikan Provinsi Banten berencana akan mengatur pembagian waktu pendaftaran di setiap wilayah.

“Inikan servernya terpusat. Misalnya Tangerang Raya jam 8-12 kemudian wilayah Serang, Cilegon, Lebak, misalnya dari jam 1-5, itu antisipasinya,” Tukas Bayuni.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...