Huntap yang Dibangun untuk Korban Tsunami di Sumberjaya Sumur Menggunakan Rumah Berkonsep Risba

Date:

ILUSTRASI : Hunian Tetap Model Risba Ditarget Rampung Akhir 2020 (Net)

Pandeglang – Proses pembangunan Hunian Tetap (Huntap) bagi penyintas tsunami Selat Sunda di Desa Sumberjaya, Kecamatan Sumur terus berjalan. Pemkab Pandeglang menjanjikan Huntap tersebut bisa diisi akhir tahun 2021 ini.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Rahmat Zultika menjelaskan, 223 unit Huntap dibangun dengan konsep Rumah Instan Struktur Baja (Risba) dengan luas 6×6 meter persegi.

“Spesifikasi bangunan baja ringan, dengan ukuran 6×6 meter persegi, menggunakan konsep Risba,” kata Rahmat, Rabu 16 Juni 2021.

Rahmat mengatakan, alokasi dana sebesar Rp 19,5 miliar diperuntukan hanya untuk pembangunan Huntap saja. Tidak disertai dengan sarana yang lain, seperti sarana pendidikan dan lainnya.

“Sekarang hanya pembangunan Huntapnya saja. Nanti untuk pemenuhan sarana yang lain, kami akan mengajukan lagi ke BNPB,” ujarnya.

Rahmat mengaku, untuk sementara warga penghuni Hunian Sementara (Huntara) yang lokasinya dibangun Huntap, harus ngontrak di rumah penduduk dan di rumah saudaranya masing-masing.

“Mereka (penghuni Huntara) sementara ini berinisiatif sendiri untuk tempat tinggal sementara, selama proses pembangunan Huntap selesai. Ada yang ngontrak dan ada pula yang membuat tempat tinggal sementara dengan memanfaatkan bangunan Huntara,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...