Jokowi ‘Gemes’ sampai ‘Colek’ Kapolda dan Pangdam Gara-gara Capaian Vaksinasi di Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang Rendah

Date:

Presiden Jokowi saat bertemu kepala daerah di Banten, Selasa, 21 September 2021. Dalam kesempatan itu, Jokowi menyoroti tiga daerah di Banten yang capaian vaksinasinya rendah. (Foto: Dok. Humas Pemkab Serang)

Serang – Tiga daerah di Banten, yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang menjadi daerah yang capaian vaksinasinya rendah karena kurang dari 20 persen.

Ketiga daerah itu pun lantas jadi sorotan Presiden Joko Widodo saat berdialog dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Provinsi Banten di Pendopo Gubernur, Selasa, 21 September 2021.

“Kemudian capaian vaksin sudah banyak (daerah) di atas 30 persen. Tapi, ada yang di bawah 20 persen di Pandeglang, Lebak Serang,” kata Jokowi seperti dikutip BantenHits.com dari Kompas.com.

Kabupaten Serang diketahui capaian vaksinasi baru 16 persen katagori umum dan 2 persen katagori lansia.

Kemudian Kabupaten Lebak baru 17 persen katagori umum dan 4 persen katagori lansia. Sedangkan Pandeglang 18 persen katagori umum dan 6 persen lansia.

Terkait rendahnya capaian vaksinasi di tiga daerah itu, Jokowi meminta Gubernur Banten Wahidin Halim, Kapolda Banten Irjen Pol Rudi Heriyanto dan Pangdam Siliwangi Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto untuk membantu percepatan vaksinasi di tiga daerah itu.

“Saya minta Pangdam, Kapolda dibantu tiga kabupaten ini untuk mengejar (target vaksinasi). Paling tidak di atas 30 persen,” ujar Jokowi.

Jokowi juga meminta kepada Kabupaten/Kota di Provinsi Banten agar segera mendistribusikan stok vaksin yang ada.

Sebab, berdasarkan laporan masih banyak stok vaksin yang disimpan di gudang dan belum didistribusikan.

“Jangan ada stok vaksin, di Serang masih, gudang provinsi masih banyak. Kota Tangerang masih. Ini stok tadi pagi yang saya lihat,” kata Jokowi.

Berdasarkan data dari Dinkes Banten per tanggal 20 September 2021, capaian vaksinasi di Banten baru mencapai 40,15 persen. Total warga Banten yang telah divaksin adalah 3.714.650 dari sasaran sebanyak 9.229.383 orang.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sah! Azizan-Yulli Kang Nong Kabupaten Serang 2024, Ini Susunan Lengkap Pasangan Pemenang

Berita Serang - Pasangan Rizky Azizan Ghofur (Azizan) dan...

Koalisi Besar pada Pilkada Serentak 2024 di Banten Tengah Disiapkan Partai Golkar?

Berita Tangerang - Masifnya pergerakan politik yang dilakukan DPD...

Jelang Pilkada Serentak 2024 di Banten, Golkar ‘Geber’ Silaturahmi dengan Parpol-parpol

Berita Banten - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di...