Connect with us

Berita Terbaru

Pilkades di Kabupaten Pandeglang Dipantau Polda Banten, Ribuan Personel Diterjunkan

Published

on

Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga Mengatakan, Polisi Akan Menerjunkan Ribuan Personel Pantau Pilkades di Pandeglang. (Istimewa)

Serang – Polda Banten terjunkan 1.150 personel untuk mengamankan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Kabupaten Pandeglang pada 17 Oktober 2021.

Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga mengatakan, Polisi akan menerjunkan ribuan personel pantau Pilkades di Pandeglang.

“Untuk pelaksanaan Pilkades di wilayah hukum Polres Pandeglang dengan jumlah desa yang akan melaksanakan sebanyak 206 desa dari 32 Kecamatan dan terdiri dari 1.263 TPS,” Kata Shinto Silitonga dalam keterangan tertulis, Selasa 12 Oktober 2021.

Shinto Silitonga menjelaskan, tahapan Pilkades di Kabupaten Pandeglang di mulai sejak 11 sampai 13 Oktober 2021 tahap kampanye.

BACA :  Ngeri! Pemuda di Kasemen Serang Nekat Bunuh Diri di Rel Kereta, Potongan Kepala dan Tubuh Jadi Tontonan Warga

Lalu 14 sampai 16 Oktober 2021 tahap masa tenang, untuk tanggal 17 Oktober 2021 tahap pemungutan dan perhitungan suara, lalu 18 Oktober penetapan calon terpilih oleh panitia Pilkades kepada BPD.

Selanjutnya 19 sampai 21 Oktober 2021 penetapan hasil perolehan oleh BPD dan Camat, dan pada tanggal 22 sampai 10 Oktober 2021 penetapan keputusan Bupati tentang pengesahan pengangkatan kades terpilih.

Dalam kesempatan tersebut Shinto menjelaskan bahwa Polda Banten melibatkan 1.150 Personel untuk di BKO kan, dan di bantu oleh satuan TNI serta linmas sebanyak 2.947 Personel.

“Total personel pengamanan Pilkades tersebut adalah sebanyak 4.097 personel yang tersebar di 1.263 TPS yang ada di Kabupaten Pandeglang untuk mewujudkan Pilkades yang aman, sehat dan kondusif,” ujar Shinto Silitonga.

BACA :  Dishub Pandeglang Usul Cabut Izin Trayek 4 Bus Murni Jaya

Shinto Silitonga menyampaikan bahwa personel juga akan fokus pada upaya mengantisipasi agar Pilkades tidak menjadi cluster baru Covid-19 dengan cara mendorong serbuan vaksinasi di daerah pemilihan.

“Kordinasikan dengan panitia pelaksana Pilkades untuk menyediakan fasilitas penunjang protokol kesehatan dan serbuan vaksinasi kepada pemilih, agar tidak tercipta cluster baru penyebaran Covid-19 dalam Pilkades ini,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler