Ada Kabar dari Pentagon Amerika, Apakah Ini Tanda Indonesia Jadi Macan Asia Lagi?

Date:

Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto bertemu dengan Menhan AS, Lloyd J Austin III. (Foto: detik.com/ Akun Twitter @SecDef)

Jakarta – Indonesia pernah dijuluki Macan Asia pada kurun 1980-1990. Bukan tanpa alasan, kekuatan Indonesia kala itu sangat diperhitungkan dunia internasional, mulai ekonomi hingga kekuatan tempur dan pertahanan.

Kekinian, ada kabar dari Amerika Serikat. Adalah Menteri Pertahanan alias Menhan Amerika Serikat, Lloyd J Austin III yang menyampaikan kabar pertemuan dirinya dengan Menhan Republik Indonesia, Prabowo Subianto.

Lalu apa hubungan kabar yang dibawa Austin dengan julukan Macan Asia untuk Indonesia?

Memang tak disinggung soal Macan Asia dalam pertemuan dua Menhan itu. Namun, lewat akun Twitter-nya, @SecDef mengaku pertemuannya dengan Menhan Indonesia, Prabowo Subianto adalah hal luar biasa.

Dikutip BantenHits.com dari detik.com, pada pertemuan yang luar biasa itu, keduanya membahas soal visi kemitraan pertahanan AS-Indonesia dan visi bersama.

“Saya baru saja menyelesaikan pertemuan luar biasa dengan Menteri Pertahanan Indonesia @prabowo. Kami membahas pentingnya kemitraan pertahanan AS-Indonesia dan visi bersama kami untuk tatanan berbasis aturan di Indo-Pasifik yang menjunjung tinggi hukum internasional,” kata Austin.

Selain itu, tampak pula video pertemuan Austin dan Prabowo dalam cuitan tersebut. Austin mengaku bangga bisa bertemu dengan Menhan Prabowo.

Sementara itu, Sekretaris Pers Pentagon John F Kirby mengatakan bahwa keduanya bertemu pada 20 November di Bahrain. Menhan AS bicara soal aturan di kawasan Indo-Pasifik.

“Menteri Pertahanan Lloyd J Austin III bertemu pada 20 November dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto di Manama, Bahrain, selama Dialog Manama tahunan. Menteri Austin menegaskan kembali kebijakan Amerika Serikat yang memperjuangkan tatanan berbasis aturan di Indo-Pasifik yang menjunjung tinggi hukum internasional dan didasarkan pada prinsip-prinsip bersama,” kata John F Kirby dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 21 November 2021.

Dalam hal ini, Austin juga menegaskan bahwa AS mendukung kepemimpinan Indonesia di kawasan Indo-Pasifik. Hal yang dibicarakan juga terkait kerja sama terkait keamanan.

“Austin lebih lanjut menegaskan kembali dukungan Amerika Serikat untuk kepemimpinan Indonesia di kawasan dan pentingnya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Para pemimpin membahas lingkungan keamanan regional dan latihan bilateral serta kerja sama keamanan,” ungkapnya.

Nah, semoga saja ya kebanggaan pejabat tinggi Amerika terhadap Prabowo Subianto ini menjadi tanda Indonesia akan kembali disegani negera-negera internasional, sehingga akan kembali dijuluki Macan Asia.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related