Pandeglang Mulai Suntikan Vaksin Booster ke Warga; Lansia Jadi Prioritas

Date:

FOTO ILUSTRASI. Vaksinasi COVID-19 di Lapas Kelas IIA Serang tahap pertama digelar Kamis, 1 April 2021. Petugas dan warga binaan atau napi lansia menjadi target dalam vaksinasi tahap pertama ini. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Pandeglang- Pemerintah Kabupaten Pandeglang mulai menyuntikkan vaksin booster kepada masyarakat, Kamis, 27 Januari 2022.

Vaksin yang memiliki sasaran utama warga lanjut usia atau lansia ini dilaksanakan secara serempak di 36 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Pandeglang.

Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengungkapkan, vaksin booster akan terlebih dahulu difokuskan untuk masyarakat lanjut usia.

Alasannya, menurut Dewi, kalangan ini dianggap paling rentan terjangkit COVID-19 terutama varian baru Omicron.

“Per hari ini kita mulai pelaksanaan vaksinasi booster serentak di 36 puskemas di Pandeglang,”kata Dewi, Kamis 27 Januari 2022.

Dewi mengungkapkan, vaksin booster yang digunakan pihaknya adalah jeniz Pfizer.

“Bagi masyarakat calon penerima vaksin ini, dia harus sudah menerima vaksin dosis kedua dengan interval waktu enam bulan,”katanya.

“Kurang dari itu (enam bulan) maka belum bisa divaksin booster,”tambahnya.

Menurut Dewi, Dinkes menargetkan vaksinasi booster bagi lansia bisa menyasar 23.010 jiwa di Pandeglang. Diharapkan dengan vaksin lanjutan ini penyebaran COVID-19 terutama varian Omicron bisa dicegah sedini mungkin.

“Dengan ikhtiar ini, mudah-mudahan mata rantai penyebaran COVID bisa diantisipasi oleh kita bersama. Sekaligus, kekebalan komunal masyarakat di Pandeglang diharapkan bisa segera terbentuk,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Saketi, Oman Formansyah mengaku, kegiatan vaksinisasi booster mulai dilakukan hari ini (Kamis, red).

“Kami sudah mulai melakukan vaksinisasi hari ini, karena pelaksanaan nya serempak,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Samsul Fatoni

    Samsul Fatoni memulai karier jurnalistik di sejumlah media massa mainstream di Banten. Pria yang dikenal aktivis semasa kuliah ini memutuskan bergabung BantenHits.com karena ingin mendapatkan tantangan dalam berkarya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...