Menteri dan Jajaran Dibikin Terkagum-kagum, Mauk yang Dulu Kumuh Kini Jadi Tempat Digelarnya Forum Internasional

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar mendampingi Direktur Perumahan Pemukiman Bappenas meninjau Desa Ketapang. Bappenas memuji keberhasilan program Kabupaten Tangerang menyulap kawasan kumuh. Desa Ketapang pada Agustus atau September 2022 akan menjadi tempat digelarnya City Sanitation Summit ke-20. (Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Menteri dan jajaran pimpinan di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas sangat mengapresiasi program penataan kawasan kumuh di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Perumahan Pemukiman Bappenas, Tridewi Virgianty saat melakukan kunjungan di Desa Ketapang, Kamis, 31 Maret 2022.

Menurut Tridewi, jajaran kementeriannya berharap program kerjasama antara pemerintah pusat dan daerah yang berkelanjutan tersebut bisa direplikasi di daerah lain karena keberhasilannya dapat dilihat dan dirasakan dampaknya secara langsung.

“Alhamdulillah, saya berkesempatan bisa datang langsung ke Ketapang dan bisa melihat langsung keberhasilan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam penataan kawasan pesisirnya,” ungkap Tridewi seperti dikutip BantenHits.com dari laman resmi Pemkab Tangerang.

Dalam kesempatan itu, Tridewi juga mengatakan, keberhasilan program penataan dan penanganan di Desa Ketapang merupakan hal yang ditunggu-tunggu. Pasalnya, di tempat-tempat lain banyak yang mengalami kegagalan. Sementara di Kabupaten Tangerang, program yang berkelanjutan tersebut berhasil dan tampak nyata manfaatnya.

“Banyak daerah-daerah yang menata kawasan kumuh dan pesisir tetapi untuk pemukiman perumahannya lupa mereka pikirkan. Akan tetapi di Kabupaten Tangerang ini semua terintegrasi, baik dari kawasan yang lingkungan rumahnya dan bahkan perekonomiannya pun dibangun oleh pemerintah daerah. Program ini patut kita apresiasi,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang menerima langsung kedatangan Direktur Bappenas RI mengatakan, program penataan dan penanganan kawasan pesisir merupakan kolaborasi dari berbagai pihak termasuk dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi.

Pelaksanaannya juga dari pendanaan dilakukan secara kolaborasi, baik yang bersumber dari APBN, APBD dan provinsi bahkan dari CSR.

“Kawasan Ketapang ini dulunya adalah kawasan yang kumuh dan tidak terawat sehingga akhirnya Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama Pemerintah Provinsi Banten dan juga dan juga Kementerian PUPR membuat Ketapang Aquaculture dan hasilnya bisa dilihat saat ini,” jelasnya.

Bupati berharap Ketapang Aquaculture tersebut bisa diterapkan dan direplikasi di daerah-daerah lain sesuai dengan keinginan dan harapan dari kementerian. Dan program tersebut juga akan dijadikan contoh untuk program penataan dan penanganan kawasan pesisir di daerah Kabupaten Tangerang yang lainnya.

“Ketapang Aquaculture ini pada bulan Agustus akhir atau awal September akan menjadi tujuan visitasi dari City Sanitation Summit (CSS) ke-20 yang kebetulan Kabupaten Tangerang menjadi tuan rumahnya. Dan setelah itu di bulan Oktober nya kita akan menjadi tuan rumah event internasional PEMSEA dengan mengundang 12 negara,” beber Zaki.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...