Jembatan Penghubung Dua Desa Ambruk; Warga Buru-buru Pasang Batang Pohon Kelapa

Date:

Ketua Fraksi PKS DPRD Lebak, Yayan Ridwan saat gotong-royong memperbaiki jembatan ambruk bersama warga. (Istimewa)

Lebak- Jembatan Cibogeg di Kampung Kaungaluwuk, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cileles, ambruk akibat luapan sungai Cimalur, Kamis, 9 Juni 2022.

Jembatan penghubung Desa Mekarjaya, Kecamatan Cileles dengan Desa Cibatur Keusik, Kecamatan Banjarsari itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

Kabarnya, Sungai Cimalur meluap setelah hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Cileles sedari pagi. Alhasil, oprit Jembatan Cibogeg pun mengalami longsor.

“Iya ambruk tadi sore. Itu akibat luapan air sungai, karena sejak Kamis pagi di sini hujan dan di beberapa lokasi terjadi banjir,” kata Kiki Baihaki, warga sekitar.

Dijelaskannya, saat ini masih ada jalan alternatif bagi masyarakat ketika akan ke Banjarsari dan Pandeglang. Tapi, bagi warga Mekarjaya, jembatan ini cukup penting. Untuk itu, masyarakat minta kepada pemerintah desa dan kecamatan segera melaporkan kejadian tersebut.

“Harapannya segera diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lebak,” ujarnya.

Kepala Dinas PUPR Lebak Irvan Suyatupika membenarkan, jembatan penghubung dua desa dan dua kecamatan ambruk. PUPR sendiri sudah menerima laporan tersebut dan mendapat instruksi dari Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Santoso untuk mengecek lokasi kejadian.

“Kita sudah terima laporan soal kejadian tersebut. Bahkan, kita cek ke TKP untuk melihat kondisi jembatan dan langkah apa saja yang bisa cepat dilakukan,” ungkapnya.

Terkait penanganan jembatan, PUPR akan menunggu arahan dari pimpinan. Yang jelas, ambruknya jembatan tersebut akibat bencana alam. Untuk itu, kemungkinan besar anggaran penanganan jembatan diambil dari bantuan tidak terduga (BTT).

“Untuk besaran biaya pembangunan kembali jembatan akan dihitung terlebih dahulu oleh tim teknis kami yang akan turun ke lapangan,” tukasnya.

Warga Gotong- royong

Meski akan diperbaiki oleh pemerintah daerah, warga setempat memutuskan untuk bergegas melakukan perbaikan alakadarnya. Hal itu dilakukan lantaran vitalnya kondisi jembatan sebagai akses lalulintas mereka.

“Hari ini masyarakat gotong-royong memperbaiki seadanya,”kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lebak, Yayan Ridwan kepada BantenHits, Jumat, 10 Juni 2022.

Kata Yayan, perbaikan dilakukan dengan menggunakan batang pohon kelapa yang direkatkan.

“Pakai batang pohon kelapa. Warga senang untuk sementara jembatan bisa digunakan lagi karena memang keberadaannya sangat penting,”katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Tangkapan Besar Itu Berawal Pengungkapan Transaksi 1 Kg Sabu di Desa Sukamantri

Berita Tangerang - Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten...

Jajaki Koalisi untuk Banten yang Lebih Baik, Dua Perempuan Nakhoda Partai Besar Gelar Pertemuan di Tanggal Cantik

Berita Banten - Penjajakan koalisi untuk menghadapi Pilkada Serentak...

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...