Waspada Calo Rekrutmen Tenaga Kerja Berkeliaran di Kab. Serang, Pemerintah Minta Perusahaan Lakukan Ini

Date:

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Disnakertrans Kabupaten Serang, Ugun Gurmilang meminta agar perusahaan melaporkan info lowongan kerja agar masyarakat terhindar dari calo rekrutmen tenaga kerja. (Bantenhits/Muhammad Uqel)

Serang- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang, mengeluarkan imbauan kepada perusahaan untuk menyampaikan informasi mengenai lowongan pekerjaan (Loker). Karena belakangan ini marak calo rekrutmen tenaga kerja.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Disnakertrans Kabupaten Serang, Ugun Gurmilang mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya sampai dengan saat ini sudah ada beberapa perusahaan yang membuka rekrutmen tenaga kerja.

Namun kata Ugun hingga kini masih ada perusahaan yang tidak melaporkan kegiatan rekrutmen tenaga kerja tersebut kepada dinasnya.

Oleh karena itu ia pun mengimbau kepada perusahaan untuk melaporkan kegiatan rekrutmen tenaga kerja di perusahaannya.

“Ini ada kaitannya dengan banyaknya calo, pasti masyarakat itu akan datang ke dinas menanyakan kebenaran info loker itu,” katanya di Diruang kerjanya, jumat 24 Juni 2022.

Ugun pun mengingatkan kepada para pencari jangan mudah tergiur oleh calo yang mengiming imingi pekerjaan dengan tarif tertentu. Karena itu sudah melanggar peraturan daerah (Perda) ketenagakerjaan.

Ugun mengungkapkan, sekarang ini ada sekitar 13.000 orang yang lulus Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Ugun berharap terhadap Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk dapat mengkoordinir mereka dalam pembuatan AK-1 atau kartu kuning, sehingga tidak terjadi penumpukan dikantornya.

“Sedangkan bagi masyarakat yang tidak ada BKKnya disekolah bisa mengikuti pelayanan dengan antrian online.” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Muhammad Uqel

    Muhammad Uqel Assathir menggeluti dunia jurnalistik sejak menjadi aktivis kampus. Uqel--begitu dia biasa disapa-- menghabiskan waktu selama kuliah untuk menyelami dunia pergerakan mahasiswa dan jurnalistik kampus. Pria asal Kabupaten Serang ini memiliki ketertarikan juga terhadap dunia desain.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...