DPKD Kabupaten Serang Gelar Pelatihan Lanjutan untuk Pengelola Perpustakaan Desa

Date:

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang memberikan pelatihan lanjutan kepada pengelola perpustakaan desa se-Kabupaten Serang. (BantenHits.com/ Muhammad Uqel)

Serang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang memberikan pelatihan lanjutan tenaga pengelola perpustakaan desa se-Kabupaten Serang di Aula Tb Saparudin. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas para pengelola perpustakaan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPKD Kabupaten Serang, Ida Nuraida mengungkapkan, bahwa pelatihan yang diperuntukan para pustakawan lanjutan yang mengikuti sebanyak 10 desa di 10 kecamatan.

“Untuk setiap desanya kita ambil dua orang, yaitu untuk menambahkan pengetahuan keterampilan yang sesuai dengan prosedur,” ujar Ida, Rabu 29 Juni 2022.

Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum Kabupaten Serang ini berkeinginan agar perpustakaan desa lebih berkembang dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang memadai, kemudian bisa berinklusi sosial.

“Artinya, punya manfaat bukan hanya ilmu itu yang di dapat dari perpustakaan tapi bisa di praktekkan untuk kesejahteraan masyarakat. Misalnya, contoh ada buku bersumber misal dari tata boga, membuat lainnya jadi masyarakat bisamempraktekan,” katanya. 

Oleh karena itu, Ida mengajak kepada masyarakat Kabupaten Serang agar lebih di tingkatkan lagi untuk lebih gemar membaca. Karena membaca adalah salah satu jendela pengetahuan.

“Mudah-mudahan ilmu yang di dapat dari buku sangat bermanfaat, mari kita ke perpustakaan desa,” ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan dan Pemberdayaan Kegemaran Membaca DPKD Kabupaten Serang, Andi Suriati mengatakan, pelatihan lanjutan dari tahun 2021 di peruntukan bagi tenaga pengelola perpustakaan diharap perpustakaan di desa bisa lebih di tingkatkan pengelolannya.

“Karena selama ini meski banyak perpustakaan di desa, tapi karena SDM kurang keterampilan pengelolaannya juga masih kurang. Jadi lebih jelasnya tujuan pelatihan ini untuk lebih memaksimalkan pengelolaan perpustakaan di desa,” ujarnya.

Adapun untuk pesertanya dari 10 desa tersebar di 10 kecamatan, meliputi Desa Citamana, Kecamatan Ciomas, Desa Tegal Maja Kecammatan Kragilan, Desa Kamasan, Cinangka, Desa Pengawinan, Bandung, Desa Teras, Carenang, Desa Siremen, Tanara, Desa Singarajan, Pontang, Desa Pagintungan, Jawilan, Desa Ranca timur, Kopo, dan Desa Kubang Jaya, Kecamatan Petir.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Muhammad Uqel

    Muhammad Uqel Assathir menggeluti dunia jurnalistik sejak menjadi aktivis kampus. Uqel--begitu dia biasa disapa-- menghabiskan waktu selama kuliah untuk menyelami dunia pergerakan mahasiswa dan jurnalistik kampus. Pria asal Kabupaten Serang ini memiliki ketertarikan juga terhadap dunia desain.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...