Connect with us

Berita Terbaru

Gaes, Ternyata Hewan Ternak Bisa Dicegah Agar Tak Terjangkit PMK: Ini Rahasianya!

Published

on

Petugas Keswan Pandeglang saat observasi hewan ternak. Saat ini lima ekor sapi tengah menjalani isolasi setelah diswab karena terindikasi terjangkit PMK. (Samsul Fatoni)

Pandeglang– Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distapang) Kabupaten Pandeglang menyebut hewan ternak rentan tertular penyakit mulut dan kuku (PMK).

Dari catatan Distapang populasi hewan ternak rentan di Kabupaten Pandeglang terdiri dari sapi 926 ekor, kerbau 13.400 ekor kambing 225.410 ekor dan domba 209.000 ekor.

Untuk mengantisipasi hewan ternak ini tertular PMK, Distapang Pandeglang meminta bantuan vaksin ke Pemerintah Pusat.

“Kami sudah mengusulkan ke Pemerintah Pusat sebanyak 10.592 dosis vaksin untuk sapi dan kerbau,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Distapang Pandeglang, Wahyu Widayanti, Selasa 5 Juli 2022.

BACA :  Rano Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Makanan

Menurut Wahyu, penyakit yang disebabkan oleh PMK tersebut belum ada obatnya. Namun hal itu dapat dicegah dengan pemberian vitamin, vaksin hingga pemberian ramuan herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh hewan ternak.

“Memang PMK ini belum ada obatnya, tapi bagi pemilik hewan ternak bisa memberikan vitamin dan ramuan herbal,” tandasnya.

Sementara Kepala Distapang Kabupaten Pandeglang Budi S Januardi mengaku, sudah membentuk tim di 35 Kecamatan untuk mengantisipasi virus PMK. Tim ini terus bergerak melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan.

“Kami rutin melakukan pengecekan kesetiap lapak penjual hewan kurban, pemeriksaan masih berjalan sampai satu minggu kedepan, hal ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang akan dijual benar-benar terjamin kesehatannya,” tutupnya.

BACA :  Hari Pertama Uji Coba Sistem Ganjil Genap, Polres Cilegon Putar Balikan Kendaraan Menuju Pantai Anyer

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler