Ada Pelajar Keracunan, DPRD Dorong Sekolah di Lebak Optimalkan UKS

Date:

Anggota DPRD Lebak F-PKS mendorong sekolah-sekolah untuk mengoptimalkan peranan UKS. (Foto: Fariz Abdullah/Banten Hits)

Lebak- Anggota DPRD Lebak, Dian Wahyudi mendorong sekolah-sekolah untuk mengoptimalkan peranan unit kesehatan sekolah atau UKS. Alasannya, karena belakangan ini terdapat pelajar yang keracunan makanan.

“Kita lihat kasus kemarin itu disebabkan adanya bakteri E. Coli, yang mana menandakan bahwa lingkungan sekolah itu tidak sehat,”kata Dian kepada BantenHits, Sabtu, 3 September 2022.

“Makanya kami minta agar pihak sekolah lebih memerhatikan kebersihan dan kesehatan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara memakaimalkan peranan UKS di sekolah,”sambung politisi Partai keadilan sejahtera (PKS) Lebak ini.

Menurut Dian, UKS sendiri merupakan suatu program yang dirancang untuk meningkatkan kesehatan di lingkungan sekolah, yang dapat mencegah adanya keracunan maupun penyakit kesehatan lainnya di lingkungan sekolah.

“Pengelola diharap memperhatikan kebersihan agar tidak terulang. Pihak sekolah senantiasa melakukan pengawasan, agar pemilik atau pengelola warung terus menjaga kebersihan, kesehatan dan kualitas makanan,” kata Dian.

Ketua Gema Keadilan Lebak ini pun meminta kepada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Lebak untuk saling berkoordinasi dengan baik guna menjaga kesehatan para anak sekolah.

“Anak-anak ini kan merupakan para penerus bangsa, tentunya mereka harus mendapatkan hak untuk mendapatkan pendidikan di lingkungan yang sehat. Jangan sampai mereka yang tadinya berangkat sekolah sehat, pulangnya malah meriang. Tentunya itu juga akan memperngaruhi kompetensi para anak sekolah,” pungkasnya.

Diketahui, dari hasil pemeriksaan di Labkesda Kabupaten Lebak belasan pelajar SMPN 3 Kalanganyar keracunan dari nasi uduk yang mereka santap. Bakteri E.coli ditemukan pada nasi dan sambal yang mereka beli di lingkungan sekolah.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ada PJU Mati di Kota Tangerang? Hubungi Kontak-kontak Ini Agar Cepat Ditangani!

Berita Tangerang - Buat warga yang mendapati lampu penerangan...

Indonesia Emas 2045 Jadi Fokus, Ini Cara Ratu Tatu Padukan RPJPD dengan RPJPN

Berita Serang - Indonesia Emas 2045 menjadi fokus Rencana...

Dukungan Polri ke Kementan untuk Wujudkan Swasembada Pangan Jadi Energi Baru Pertanian

Berita Jakarta - Kementerian Pertanian dan Kepolisian Republik Indonesia...

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...