Pemkot Tangerang Siapkan Emak-emak Majelis Taklim untuk Tangkal Penyakit Pancaroba, Ini Perannya

Date:

Fogging di Pelabuhan Merak
Pemkot Tangerang siapkan emak-emak majelis taklim untuk tangkal penyakit pancaroba. Foto Ilustrasi : Antisipasi demam berdarah, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten melakukan fogging di Pelabuhan Merak, 5 Juni 2018.(Dok.BantenHits.com)

Tangerang – Emak-emak majelis taklim di Kota Tangerang diminta untuk siap membantu Pemerintah Kota Tangerang menangkal munculnya berbagai penyakit di musim penghujan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah di hadapan ribuan emak-emak majelis taklim yang menghadiri pengajian Forum Majelis Taklim (FORMAT) Akhlaqul Karimah pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad Solollohu Alaihi Wassalam 1444 H, Kamis, 27 Oktober 2022.
 
Lalu, apa yang harus dilakukan emak-emak untuk membantu pemerintah menangkal penyakit musim penghujan?

Arief menyebut, saat ini Pemkot Tangerang sudah menjalankan ‘Program Satu Rumah Satu Juru Pemantau Jentik (Jumantik)’. Karenanya, emak-emak majelis taklim di Kota Tangerang diharapkan bisa menjadi Jumantik baik di lingkungan keluarga maupun sekitar tempat tinggal untuk mengantisipasi DBD.  

“Tempat yang tergenang air harus rajin dibersihkan agar tidak menjadi sarang jentik nyamuk,” kata Arief dalam keterangan resmi.

Sosialisasi terhadap antisipasi timbulnya penyakit yang disebabkan oleh perubahan cuaca terus dilakukan oleh Pemkot Tangerang di berbagai lini, salah satunya melalui komunitas pengajian seperti ini.
 
Arief dalam kesempatan itu terus mengingatkan pentingnya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan sanitasi kepada ribuan jamaah.

“Musim penghujan sekarang datang lebih awal, dan penting untuk kita untuk bisa mengantisipasi potensi penyakit,” ungkap Arief.

“Maka penting untuk menjaga diri sendiri, keluarga dan juga lingkungan,” imbuhnya.

Secara khusus Wali Kota menyebut salah satu penyakit yang kerap muncul di kondisi musim pancaroba seperti saat ini adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dimana antisipasi dapat dilakukan mulai dari rumah dengan program 3M (Menutup, Menguras dan Mengubur).

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...