E-Raport Kurikulum Merdeka Tingkat SD Resmi Diluncurkan di Kota Tangerang

Date:

E-Raport Kurikulum Merdeka tingkat SD resmi diluncurkan di Kota Tangerang. FOTO Ilustrasi: Samsung Galaxy Tab A 2019 8 inci dengan fitur buku elektronik yang memungkinkan sang anak menyimpan semua catatan selama dia belajar di sekolah. Buku elektronik juga memungkinkan guru dan murid menyimpan materi pelajaran. (Foto: Istimewa)

Berita Kota Tangerang – E-Raport Kurikulum Merdeka jenjang SD di Kota Tangerang, resmi diluncurkan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan Kota Tangerang.

Peluncuran dilakukan secara daring sekaligus menggelar webinar dengan tema E-Raport Sebagai Bagian Dari Digitalisasi Pendidikan, Selasa, 13 Desember 2022. Webinar dihadiri oleh pengawas sekolah, kepala sekolah, guru dan orang tua murid jenjang SD di Kota Tangerang.

Ikan Takkan Diajari Terbang

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah hadir sekaligus membuka secara daring webinar tersebut mengatakan, kurikulum merdeka merupakan salah satu solusi untuk mengatasi learning loss yang disebabkan oleh pandemi COVID-19.

“Kurikulum merdeka  merupakan salah satu solusi untuk mengatasi learning loss yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Karena itu, dengan kurikulum merdeka ini diharapkan ketertinggalan mutu pendidikan ini dapat segera kita atasi,” ungkapnya.

Arief menyampaikan, dalam Kurikulum Merdeka tersebut, siswa diberi kebebasan dalam memilih apa yang diminatinya dalam pembelajaran. 

“Setiap siswa akan dibimbing sesuai minat bakat dan kecerdasannya. Sehingga dalam Kurikulum Merdeka ini dapat kita analogikan bahwa tidak ada ikan yang dipaksa untuk belajar terbang atau tidak ada burung yang dipaksa belajar untuk berenang,” ujar Arief.

Membaca dan Memahami Perkembangan Anak

Langkah akhir dalam proses pembelajaran adalah penilaian. Melalui e-raport kurikulum merdeka, lanjut Arief, orangtua dapat membaca dan memahami perkembangan putra putrinya sesuai dengan minat, bakat dan kecerdasannya.

“Tentunya E-Raport bukan untuk mendiskriminasikan anak pintar dengan yang kurang pintar, tetapi untuk memaksimalkan potensi anak pada batas kemaksimalan minat, bakat dan kecerdasannya masing-masing. Sehingga mereka dapat tumbuh dan terdidik secara optimal,” bebernya.

Selain itu, penggunaan E-Raport di Kota Tangerang, disebut sebagai salah satu upaya dalam menjawab tantangan pendidikan di era digital terutama pasca pandemi COVID-19.

Lebih lanjut, Arief juga menegaskan Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tangerang melalui berbagai programseperti program sekolah penggerak yang berjumlah 75 sekolah dari jenjang TK/SD/SMP dan juga sekolah penyelenggara kurikulum merdeka mandiri yang menembus angka 86%.

“Selain itu ada program sekolah adiwiyata, sekolah ramah anak, pendidikan inklusi, sekolah branding, sekolah sehat, sekolah literat dan berbagai program lainnya,”

“Ini semua tentu sebuah upaya yang diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah-sekolah di Kota Tangerang.” tukas Arief.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...

Pj Bupati Ungkap Cara Pemkab Tangerang Jalin Harmonisasi dengan Buruh dan Pengusaha

Berita Tangerang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Tangerang saban...