Para Sarjana Muda Ilmu Pertanian di Indonesia Yakin Swasembada Pangan Bisa Terwujud lewat Food Estate

Date:

Petani menanam bibit singkong di areal lumbung pangan nasional atau food estate di Tewai Baru, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Sabtu, 6 Maret 2021.(ANTARA FOTO/Makna Zaezar/ Suara.com)

Berita Pilpres  – Para sarjana muda ilmu pertanian di Indonesia meyakini swasembada pangan di Indonesia bisa terwujud lewat Program Food Estate yang kini sedang dikerjakan Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan.

Mereka juga menilai, Program Food Estate penting untuk memutus ketergantungan terhadap impor demi ketahanan pangan nasional.

Demikian disampaikan para sarjana muda ilmu pertanian yang tergabung Alumni Pertanian Indonesia 02 (API 02) saat mendeklarasikan dukungan untuk capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Rumah Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 3 Februari 2024. 

Deklarator API 02, R.S Suroyo menjelaskan, dukungan untuk Prabowo-Gibran disampaikan karena pasangan nomor urut 2 itu dianggap memiliki komitmen besar untuk mensejahterakan petani.

“Saat Prabowo-Gibran terpilih, kami mendukung terciptanya petani modern dengan modernisasi alat pertanian. Mendukung penerapan smart farming, mendukung lahirnya UU pertanian berkelanjutan, hingga hilirisasi pertanian untuk ciptakan nilai tambah,” kata Suroyo saat deklarasi dilansir Suara.com, jaringan BantenHits.com.

“Kami yakin Prabowo-Gibran bisa mewujudkan swasembada pangan dan kesejahteraan petani melalui food estate,” ujar Suroyo.

Deklarasi dukungan API 02 untuk Prabowo-Gibran itu disambut baik oleh Komandan Bravo Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono.

Pada kesempatan itu, Budi mengatakan, pertanian menjadi salah satu sektor yang menjadi perhatian Prabowo sejak lama.

“Bicara kedaulatan pangan dan kedaulatan negara, inilah yang Pak Prabowo perjuangkan sejak beliau masih di TNI hingga setelah beliau pensiun,” ucap Budi.

Namun, dia menjelaskan sektor pertanian tengah menghadapi tantangan besar seperti ancaman alih fungsi lahan, fluktuasi harga komoditas pertanian, ketersediaan pupuk murah untuk petani, hingga perubahan iklim yang mempengaruhi produktivitas lahan pertanian. 

“Kami percaya hanya pasangan calon 02 yang paham, mengerti, dan bisa mengimplementasikan penyempurnaan di sektor pertanian. Saat Prabowo-Gibran dilantik, teman-teman anak-anak muda sarjana pertanian yang hadir hari ini yang akan berpartisipasi aktif membantu wujudkan kedaulatan pangan di Indonesia,” tandas Budi.

Sumber: Suara.com

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...