Kementerian ESDM Pastikan Pasokan Listrik Aman saat Nataru

Date:

Sekjen Kementerian ESDM, Rida Mulyana memberikan penjelasan terkait pasokan listrik selama libur Natal 2022 dan tahun baru 2023 kepada awak media. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Berita Cilegon – Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) memastikan pasokan listrik saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2024 dalam keadaan aman.

Saat ini, pasokan listrik tersebut mengalami penurunan hingga 12 persen karena konsumsi listrik di masyarakat berkurang disebabkan banyaknya toko dan industri yang libur.

“Di tiap sesi Nataru atau tahun baru pasokan listrik itu malah justru turun. Pak Dirjen tadi menyampaikan turunnya kurang lebih 12 persen. Tapi itu biasa, meskipun ya kenapa turun karena mungkin industri, toko-toko dan seterusnya kan tutup yang selama ini ikut mengkonsumsi listrik,” kata Sekjen Kementerian ESDM, Rida Mulyana usai meninjau PLTU Suralaya, Cilegon, Minggu, 25 Desember 2022.

Meski pasokan listrik turun, pihak ESDM meminta pihak pembangkit listrik maupun PLN waspada selama musim Nataru. Kewaspadaan itu, kata dia menjadi penting agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Namun itu siklus yang biasa, meskipun konsumsi turun tapi kita tidak boleh lengah harus terus waspada, dan saya senang PLN mendirikan posko dan itu suatu kewaspadaan,” ujarnya.

Meski begitu, dilihat dari data yang ada di pembangkit listrik, pasokan batu bara sebagai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya masih aman. Pasokan batu bara saat ini mencapai 30 hari operasi atau HOP.

“Alhamdulillah dari laporan PLN dari sisi ketersediaan batu bara, kalau kita biasanya menggunakan HOP (hari operasi) itu di atas 30, kalau buat kami di Kementerian sudah lebih dari cukup apalagi untuk pembangkit Suralaya yang lumayan besar dan signifikan,” ungkapnya.

PLTU Suralaya dinilai sebagai pembangkit listrik siginifikan dalam peranannya memasok listrik di Jawa, Madura, dan Bali.

“Sebagaimana tadi disampaikan oleh rekan-rekan PLN, di sini (PLTU Suralaya) kan ada 7 unit dan ini menjadi pembangkit yang menurut kami signifikan perannya untuk sistem Jamali, jadi kita di pastikan dari rantai pasoknya dari batu bara sampai kesiapan operatornya sampai di luar pembangkitan,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...