Akses Utama ke Baduy Terputus usai Diguyur Hujan Deras

Date:

Kondisi ruas jalan raya Rangkasbitung – Leuwidamar amblas, Selasa, 3 Januari 2023. Alhasil, akses utama ke Baduy terputus. (Istimewa)

Berita Lebak- Jalan Raya Rangkasbitung – Leuwidamar tepatnya di Kampung Janglapa, Desa Sangkanmanik, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak amblas, Selasa, 3 Januari 2023.

Kabarnya, akses utama menuju wisata Baduy itu amblas sepanjang 15 meter dengan kedalaman lebih dari 50 centimeter. Akibatnya kendaraan tak bisa melintas.

“Iya, jalan kabupaten menuju Baduy amblas. Sekarang akses utama ke Baduy terputus, karena jalan tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat,” kata Vian warga sekitar, Selasa, 3 Januari 2023.

Kata Vian, amblas terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kabupaten Lebak.

Akibat amblasnya jalan tersebut, menurut Vian lalu lintas dari arah Rangkasbitung menuju Leuwidamar tersendat. Bahkan, banyak kendaraan yang putar arah untuk mencari jalan alternatif.

“Kalau sepeda motor masih bisa melintas. Tapi, untuk kendaraan roda empat enggak bisa,” tegasnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak Febby Rizki Pratama membenarkan, Jalan Rangkasbitung-Leuwidamar di Cimarga ambles.

Karena itu, menurut Febby, masyarakat atau pun wisatawan yang akan ke Baduy diarahkan melalui jalan alternatif, yakni via Aweh – Cikapek.

“Untuk jalan amblas, kita sudah koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lebak. Sekarang, kita terjunkan alat berat ke lokasi untuk penanganan jalan amblas,”katanya.

“Harapannya, secepatnya bisa dilalui kembali kendaraan roda empat,”tambah dia.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...

Baru Nikah di Rajeg Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...