Getirnya Evakuasi Truk Semen Nyemplung ke Laut di Pelabuhan Merak Bikin Geleng-geleng Kepala

Date:

Proses evakuasi truk pengangkut semen yang tercebur ke laut di dermaga 5 Pelabuhan Merak. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Berita Cilegon– Truk pengangkut semen tercebur atau nyemplung ke laut di dermaga 5 Pelabuhan Merak, Rabu, 28 Desember 2022. Proses evakuasi berlangsung alot.

Selasa, 3 Januari 2023 proses evakuasi masih terus dilakukan oleh Petugas dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada 1.

Mereka berjibaku agar truk dengan nomor polisi BE 8580 AMD bisa terangkat ke daratan. Tentu saja, banyak kendala yang dihadapi petugas saat proses evakuasi berlangsung.

Kepala Dinas Penyelematan Bawah Air Koarmada 1 Kolonel Laut Ahmad Fauzi membeberkan beberapa kendala yang dihadapi diantaranya arus yang kencang karena berkenaan dengan cuaca yang kurang baik selama proses evakuasi.

“Di sini gak bisa lepas dari arus dan angin, sedikit banyak memengaruhi kinerja kita,” ujar Fauzi bersama Komandan Lanal Banten Letkol Laut (P) Dedi Komarudin di Dermaga Lima Pelabuhan Merak, Selasa 3 Januari 2023.

Selain itu, kendala lainnya adalah jarak pandang atau visibility di dalam laut yang tidak mendukung. Kemudian, muatan semen pun menjadi kendala lain. Tim harus menggeser muatan semen dari dalam bak truk tersebut terlebih dahulu.

“Jika dibiarkan, semen itu akan menambah beban. Bisa dibayangkan, memindahkan semen di darat saja sudah berat, ini di dalam laut,” ujarnya.

Sementara Danlanal Banten Letkol Laut (P) Dedi Komarudin menjelaskan, progres evakuasi sudah lumayan bagus, truk sudah bisa diapungkan. Ia memastikan jika TNI AL terus bekerja secara maksimal hingga proses evakuasi berhasil dilakukan.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dievakuasi dan Dermaga Lima bisa kembali beroperasi,” ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jika Anda Melihat Gangster dan Sejenisnya di Kota Tangerang, Lapor ke Jalur Khusus Ini!

Berita Tangerang - Jika Anda melihat gangster atau kelompok...

Airin ‘Keukeuh’ Tak Mau Golkar Disebut Bangun Koalisi Besar di Pilkada Banten 2024

Berita Banten - Calon gubernur Banten 2024 dari Partai...