Tetap Waspada! Kebakaran di Lebak Picu Kerugian Rp6,3 Miliar

Date:

FOTO ILUSTRASI. Kebakaran hebat di kawasan padat penduduk Kabupaten Lebak. Kabarnya, enam rumah ludes diamuk si Jago Merah. (FOTO Tangkap Layar Video)

Berita Lebak- Dinas Satpol PP dan Damkar Lebak mengimbau masyarakat tetap waspada dengan potensi kebakaran.Ya, jangan pernah dianggap sepele.

Bagaimana tidak, sepanjang tahun 2022 mereka telah menangani 60 kejadian kebakaran yang tersebar di 28 Kecamatan Kabupaten Lebak. Kerugian yang ditimbulkannya juga terbilang luar biasa.

Berdasarkan catatan Damkar, dari 60 kejadian yang ditangani kerugiannya mencapai sekitar Rp6,3 miliar. Memang, mayoritas pemicunya adalah korsleting listrik.

Mengantisipasi hal itu, Tim Damkar Kabupaten Lebak gencar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara-cara mencegah kebakaran. Termasuk kepada para pelajar.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Satpol PP dan Damkar Lebak, Iwan Darmawan sepanjang Januari 2023 pihaknya telah melatih 1.500 pelajar yang tersebar di 20 sekolah.

Pelatihan itu diberikan semata-mata M untuk mengurangi korban jiwa serta kerugian material akibat kebakaran.

“Bulan ini kami mendapatkan permintaan para guru di sekolah yang ada di Lebak, untuk memberikan edukasi seputar cara mencegah kebakaran,”kata Iwan, Jumat, 27 Januari 2023.

“Dalam kegiatan pelatihan kami memberitahu para siswa untuk memperhatikan segala macam alat yang mampu menyebabkan kebakaran terjadi, dan lain-lain, mengenalkan alat pemadam, dan petugas kebakaran,” tambahnya.

Kata Iwan, pada tahun 2023 mobil Damkar Lebak akan ditambah sebanyak 2 unit sehingga jumlah keseluruhan mobil Damkar sebanyak 7 unit.

“Insyallah kami akan membuka pos kebakaran di Cileles, dan Cipanas,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wujudkan Zero Waste, Pemkot Tangerang Maksimalkan Sistem Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat

Berita Tangerang - Sistem pengolahan sampah berbasis masyarakat adalah...

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...