GMLS Ajak Siswa Prakerin SMKN 1 Bayah Tanam Pandan di Pesisir Pantai

Date:

Siswa Prakerin SMKN 1 Bayah saat melakukan aksi tanam tanaman Pandan Laut di pesisir pantai Cimampang. (Istimewa)

Berita Lebak Sejumlah siswa praktek kerja industri (Prakerin) SMK Negeri 1 Bayah melaksanakan penanaman pohon pandan laut di pesisir pantai Cimampang, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Senin, 13 Februari 2023.

Bukan tanpa alasan, acara yang diinisiasi oleh Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) ini semata-mata bertujuan untuk mengenalkan pentingnya tanaman bernama latin Pandanus Odorifer dalam mengurangi resiko bencana tsunami.

“Alhamdulillah hari ini dengan beberapa siswa Prakerin SMKN 1 Bayah kita lakukan penanaman pandan di pesisir pantai Cimampang,”kata Divisi Logistik dan Peralatan GMLS, Ulung Dinarja, Selasa, 14 Februari 2023.

“Total ada 60 pohon pandan yang ditanam,”tambah dia.

Ulung menjelaskan pandan laut memiliki banyak manfaat dalam mengurangi resiko bencana tsunami. Di mana, tanaman Endemik Lebak ini bisa menjadi pemecah ombak.

“Manfaat – manfaat itu kita kenalkan biar para siswa juga paham tentang mitigasi bencana,”jelasnya.

Sebenarnya, menurut Ulung, pandan laut ini juga memiliki nilai ekonomis sehingga upaya pemberdayaan perlu dilakukan.

“Tanaman ini bisa disulap oleh para pengrajin karpet pandan dan pengembangan nya menjadi bahan dasar kaos/ benang yang sudah dikembangkan di beberapa industri pakaian rumahan,”tuturnya.

“Nah segudang manfaat dari tanaman pandan ini juga semoga bisa menggugah para pekerja bongkar muat pasir di pesisir pantai Cikumpay dan cimampang agar bisa mengkonversi profesi nya ke arah hasil kerajinan dari pandan laut,”sambung dia.

Diketahui sebelumnya BSI Maslahat bersinergi dengan Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) University, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan pelatihan dan penanaman 2.500 pohon Pandan Laut (Pandanus odorifer) di pesisir pantai desa Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten sebagai Desa Tangguh.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Authors

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Ciptakan SDM Lokal yang Andal, PT Krakatau Posco Teken MoU dengan Untirta

Berita Banten - PT Krakatau Posco menjalin kerjasama pengembangan...

Deretan Program yang Sukses Membuat Angka Pengangguran di Kota Tangerang Turun

Berita Tangerang - Tingkat Pengangguran Terbuka atau TPT di...

Kata Kunci Penanganan Korupsi Menurut Al Muktabar

Berita Banten - Kata kunci penanganan korupsi adalah dengan...