Ciptakan SDM Lokal yang Andal, PT Krakatau Posco Teken MoU dengan Untirta

Date:

PT Krakatau Posco Teken MoU dengan Untirta untuk menciptakan SDM lokal yang andal. Penandatanganan MoU dilakukan di Gedung Rektorat Untirta, Rabu, 8 Mei 2024. (FOTO: Istimewa)

Berita Banten – PT Krakatau Posco menjalin kerjasama pengembangan sumber daya manusia (SDM) di sektor industri dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau Untirta.

Kerjasama dituangkan dalam nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani di Gedung Rektorat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Rabu, 8 Mei 2024.

Hadir saat penandatanganan MoU jajaran PT Krakatau Posco di antaranya Direktur HR & GA PT Krakatau Posco, Dicky Mardiana dan Direktur Technology and Business Development (TBD) PT Krakatau Posco, Alhadis Syamsuddin. Kemudian Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. Ir. H Fatah Sulaiman, S.T., M.T.; beserta jajaran.

Dicky Mardiana mengatakan, kerjasama dilakukan dalam rangka meningkatkan sinergi antara industri dan institusi pendidikan, serta untuk mempererat jalinan kerja sama dua lembaga.

“Kerjasama ini untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam rangka implementasi merdeka belajar kampus merdeka,” kata Dicky.

Melalui kerjasama ini, lanjutnya, diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara perguruan tinggi dengan pelaku industri untuk menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas.

“SDM unggul dan berkualitas perlu ditingkatkan. Karenanya kerjasama ini diharapkan dapat membentuk anak-anak daerah yang memiliki daya saing yang tinggi dan siap menjadi calon pemimpin industri baja nasional di masa depan,” ungkapnya.

Dicky memaparkan, kerja sama yang terjalin menekankan pada beberapa ruang lingkup di antaranya pelaksanaan kegiatan yang bersifat sharing knowledge, kuliah umum, workshop atau training, pelaksanaan program magang, program rekrutmen melalui campus hiring dan job fair, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Menurut Dicky, saat ini tercatat sekitar 62 alumni Untirta telah memberikan kemampuan terbaiknya dengan menapaki langkah awal mereka dengan berhasil menempati posisi sebagai leader di PT Krakatau Posco.

“Dengan adanya kolaborasi yang baik dengan universitas terutama yang berada terdekat dengan kami, maka akan memberikan pengaruh pada kualitas sumber daya manusia serta capaian-capaian universitas nantinya,” jelasnya.

“Hal ini terbukti kurang lebih 62 alumni untirta sudah tercatat sebagai leader di Krakatau Posco. Harapan kami ke depannya akan lebih banyak lagi leader-leader di masa yang akan datang yang lahir dari Untirta,” bebernya.

Jajaran PT Krakatau Posco dan Untirta berfoto bersama usai penandatanganan MoU pengembangan SDM Lokal yang andal si bidang industri. (Foto: istimewa)

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fatah Sulaiman mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan pihak industri untuk bersama-sama meningkatkan kualitas SDM yang lebih unggul di masa yang akan datang.

“Kami sangat berterima kasih kepada Krakatau Posco atas kesempatan yang luar biasa ini. Kerja sama yang kita lakukan diharapkan dapat mengembangkan kegiatan implementasi kerjasama di masa yang akan datang, dan pembangunan yang lebih baik dalam hal kurikulum dan pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), serta implementasi kerjasama secara berkelanjutan,” ujarnya.

Kerja sama antara Krakatau Posco dan Untirta dalam bidang riset dan penelitian telah dilakukan pertama kali pada tahun 2018 dengan melakukan uji tekan paving block di laboratorium dengan menggunakan bahan baku beton bersama dengan Teknik Sipil Untirta.

Kemudian pada tahun 2021 melakukan penelitian untuk pemanfaatan slag sebagai material ramah lingkungan.

Dicky kembali menegaskan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat menciptakan SDM unggul dan berkualitas, serta membentuk calon pemimpin industri baja nasional di masa depan dari anak-anak daerah.

“Terjalinnya kolaborasi pada sektor pendidikan, sumber daya manusia, riset, dan teknologi diharapkan menjadi bukti nyata upaya Krakatau Posco dalam meningkatkan kualitas masyarakat dan pengembangan industri secara berkelanjutan untuk kemajuan Provinsi Banten dan Indonesia,” pungkasnya. (ADV)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related