Gempa di Bayah Lebak; di Tangerang seperti Guncangan Truk, di Jakarta Benda-benda Bergoyang

Date:

Gempa Bumi
Gempa bumi terjadi di Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Gempa tersebut di Tangerang terasa seperti guncangan truk. Sementara di Jakarta benda-benda bergoyang. FOTO Ilustrasi gempa bumi: tribunnews.com

Berita Lebak – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memastikan gempa yang mengguncang wilayah Bayah, Kabupaten Lebak, Selasa pagi, 7 Februari 2023 berpusat di laut, tepatnya 65 km barat daya Bayah dengan kedalaman 41 km.

Seperti diketahui, gempa bumi berkekuatan M5,2 mengguncang wilayah Lebak sekitar pukul 07.30 WIB. Kekuatan gempa terasa hingga wilayah Bogor, Tangerang Selatan dan Jakarta.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebut gempa bumi ini termasuk dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah Lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust),” kata Daryono, Selasa, 7 Februari 2023 dilansir RCTI+, jaringan BantenHits.com.

Daryono juga menjelaskan gempa bumi tidak hanya dirasakan di wilayah Banten. tetapi juga dirasakan hingga Bogor, Tangerang Selatan (Tangsel), dan Jakarta.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Berikut wilayah-wilayah yang merasakan gempa Bayah dan kekuatan gempa yang dirasakan:

1. Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bayah, Banjarsari, dan Tamanjaya dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

2. Daerah Serang, Pandenglang, Panggarangan, Malingping, Ciptagetar, Cikeusik, Labuan, Tangerang, Panimbang dan Cinangka dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu)

3. Daerah Tangerang Selatan, Bogor, Sukabumi, Tangerang, Cianjur, dan Bandung Barat dengan skala intensitas II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

4. Daerah Jakarta, Depok, Cibubur dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Sumber: RCTI+

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Demi Kota Kelahiran, Dua Sosok Muda Ramaikan Bursa Pilkada Kota Tangerang 2024

Berita Tangerang - Dua sosok muda di Kota Tangerang,...

Gambar Arief Wismansyah untuk Gubernur Banten 2024 Sudah Mulai Masuk ke Kampung-kampung

Berita Banten - Gambar Arief Wismansyah, Wali Kota Tangerang...

Tokoh Muda Olahraga Indonesia Mengulas VAR: Selamat Datang Era Sepak Bola Modern!

Berita Sepak Bola - Belum kering rasanya 'luka' publik...