38 Hewan Ternak di Solear dan Tigaraksa Terjangkit LSD, 1.100 Dosis Vaksin Mulai Disuntikkan

Date:

Sudah 38 hewan ternak di Solear dan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang terjangkit penyakit kulit berbenjol atau Lumpy Skin Disease (LSD). Saat ini, Dinas Pertanian dan ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang sudah mulai menyuntikkan 1.100 dosis vaksin dari Kementerian Ppertanian dan bantuan perusahaan. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Berita Kabupaten Tangerang – Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk menekan angka penularan penyakit pada hewan ternak di wilayah Kabupaten Tangerang.

Seperti diketahui, sejak akhir Desember 2022 sampai saat ini di Kabupaten Tangerang sudah ditemukan sebanyak 38 kasus hewan ternak yang terjangkit penyakit kulit berbenjol atau Lumpy Skin Disease (LSD).

Angka temuan kasus itu pun terus terjadi penambahan dengan terlokalisir di dua wilayah kecamatan, di antaranya yaitu di Tigaraksa dan Solear.

Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan menargetkan akan mendapatkan vaksin LSD untuk menekan angka penularan penyakit pada hewan ternak di wilayah Kabupaten Tangerang.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas PKP Kabupaten Tangerang, Dr. drh. Joko Ismadi, M.Sc, selain pemberian vaksin, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga sudah melakukan beberapa langkah konkret untuk pencegahan penyakit menular pada hewan.

Upaya tersebut antara lain, pengetatan pemeriksaan lalu lintas ternak dan produk ternak, menerapkan isolasi per kandang dan melaksanakan pengobatan terhadap ternak yang terpapar.

“Dan kami mengimbau agar peternak tetap menjaga kebersihan kandang dengan dilakukan penyemprotan dengan disinfektan dan memberikan pakan ternak yang baik sehingga sapi tetap sehat,” kata Joko melalui situs resmi Pemkab Tangerang.

418 Ekor Telah Divaksin

Joko menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Tangerang saat ini telah memiliki 1.100 dosis vaksin LSD yang merupakan alokasi dari Kementerian Pertanian sebanyak 800 dosis dan banyuan perusahaan 300 dosis.

“Vaksin LSD tersebut nantinya akan disalurkan secara massif terhadap jumlah total dari populasi hewan ternak di Kabupaten Tangerang,” ungkap Joko.

Dari jumlah dosis vaksin yang dimilikinya itu, lanjut Joko, pihaknya menargetkan pelaksanaan vaksinasi untuk hewan ternak berkaki empat, seperti sapi dan kerbau.

Joko menyebut, hingga Senin, 20 Februari 2023 pihaknya telah memberikan vaksin LSD untuk total hewan ternak berupa sapi dan kerbau sebanyak 418 ekor.

“Hewan ternak (Sapi dan Kerbau) yang telah mendapatkan vaksinasi LSD sebanyak lebih dari 220 ekor. Kemudian Pada hari ini juga kami telah memvaksin 198 ekor. Total hewan ternak yang sudah tervaksin sebanyak 418 ekor,” jelasnya.

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wujudkan Zero Waste, Pemkot Tangerang Maksimalkan Sistem Pengolahan Sampah Berbasis Masyarakat

Berita Tangerang - Sistem pengolahan sampah berbasis masyarakat adalah...

Ingin Bangun Kota Tangerang lewat Kebersamaan, Sachrudin Terus Gerilya ke Parpol-parpol

Berita Tangerang - Calon Wali Kota Tangerang 2024-2029, Sachrudin...

Disnakertrans Kabupaten Serang Gandeng STPI Curug Gelar Pelatihan Kerja

Berita Serang - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Disnakertrans...