Jago-jago Silat Betawi Unjuk Gigi di Lapangan Perumahan Alam Raya

Date:

Memperingati hari ulang tahun ke 10, Perguruan Be Si Kebon Jemali (PBKJ) menggelar Pagelaran Silat Budaya Lintas Aliran di Lapangan Perumahan Alam Raya, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Minggu, 5 Maret 22023. ILUSTRASI: Ketua PBKJ Samsuni. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Kota Tangerang – Sedikitnya 50 sanggar silat se-Jabodetabek menurunkan jago-jago silat mereka untuk unjuk gigi di Lapangan Perumahan Alam Raya, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Minggu, 5 Maret 2023.

Mereka turun untuk mengikuti Pagelaran Silat Budaya Lintas Aliran yang digelar dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 10, Perguruan Be Si Kebon Jemali (PBKJ).

Ketua PBKJ, Samsuni mengungkapkan kegiatan ini sebagai ajang mengenalkan seni budaya kepada masyarakat.

“Sebagai perayaan HUT ke-10 tahun PBKJ, kita menghadirkan 50 sanggar se-Jabodetabek untuk dapat tampil pada pagelaran silat budaya ini, sehingga bisa sama-sama melestarikan silat dari antar generasi,” ungkap Samsuni dilansir laman resmi Pemkot Tangerang.

Kegiatan ini dibuka dengan penampilan tarian tradisional diiringi alunan Gambang Kromong, serta UMKM dari Kecamatan Benda untuk memeriahkan pagelaran budaya yang dihadiri dari berbagai lapisan masyarakat.

Sementara itu, Camat Benda, Boyke Urif Hermawan menuturkan silat Be Si ini sudah menjadi warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) pada tahun 2022.

“Alhamdulillah pagelaran ini sebagai mengenalkan seni budaya lintas aliran. Apalagi Perguruan Be Si Kebon Jemali ini pada tahun 2022 dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemendikbud, tentu ini harus kita jaga bersama,” ujar Boyke.

Selain itu, salah satu pengunjung, Urfi Ardian mengaku senang dengan adanya pagelaran seni budaya silat ini selain untuk bela diri, juga agar budaya silat tidak punah.

“Pagelaran seni budaya ini sangat baik untuk generasi selanjutnya, sehingga anak-anak serta remaja bisa turut serta melestarikan silat Be Si, sehingga tidak punah atau diakui negara lain,” ucap Urfi.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...