Tagana Disiagakan Pantau Ritual Mandi Massal di Sungai Cisadane Jelang Ramadan

Date:

Personel taruna diaga bencana atau Tagana disiagakan pantau ritual mandi massal yang dilakukan warga Kelurahan Babakan, Kota Tangerang di Sungai Cisadane Jelang Ramadan, Selasa, 21 Maret 2023.(BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Berita Kota Tangerang – Sejumlah personel taruna siaga bencana atau Tagana Kota Tangerang disiagakan memantau ritual mandi massal di Sungai Cisadane, persisnya di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Selasa, 21 Maret 2023.

Tradisi mandi bersama di Sungai Cisadane menjadi ritual tahunan yang dilakukan  warga Kelurahan Babakan  menjelang puasa Ramadan.

Pantauan BantenHits.com di lokasi, ratusan warga Kelurahan Babakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat mandi bersama dengan menceburkan diri ke Sungai Cisadane.

Ketua Panitia, Ahmad Fariski mengatakan, mandi massak ini rutin dilakukan warga RT 01-02 RW 003 jelang bulan Suci Ramadan. Ahmad menyebut kebiasaan mandi massal menjelang Ramadan ini sebuah sunah.

“Kegiatan Kermas bareng ini kesunahan yang dilakukan orang tua kita sejak dulu. Sebagai mana disunahkan ketika datangnya bulan romadhon untuk melakukan mandi besar,” ungkapnya.

Fariski menjelaskan, kegiatan mandi besar ini setiap tahunnya dilakukan oleh warga untuk membersihkan diri jelang bulan suci Ramadan.

“Sebelumnya kita juga melakukan kegiatan munggahan, isra mikraj, karnaval, lanjut keramas bareng,” terangnya.

Fariski menambahkan, dalam kegiatan ini, panitia juga memfasilitasi warga dengan menyedikan sabun dan sampo untuk keramas.

“Jadi untuk alat mandi kita siapkan yang biasa ajah gak ada yang aneh-aneh seperti yang biasa dipakai warga sehari- hari,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu peserta Kermas masal, Sutinah mengaku, keramas massal ini sudah dilakukannya sejak ia masih kecil jelang bulan suci Ramadan.

“Keramas bareng ini turun temurun dari mulai saya masih kecil sampai anak saya keramas bareng warga untuk menyabut bulan Ramadan,” ucapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang Gelontorkan Bantuan Mesin Kapal hingga Alat Tangkap Ikan untuk Nelayan

Berita Tangerang - Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menggelontorkan bantuan...

Mad Romli Diberi Keleluasaan Partai Golkar untuk Tentukan Pendamping

Berita Tangerang - Calon Bupati Tangerang 2024-2029, Mad Romli...