Pemkot Tangerang Siapkan Kurikulum Antikorupsi untuk Seluruh Sekolah

Date:

Pengukuhkan 300 guru bimbingan dan konseling atau Guru BK di Kota Tangerang yang akan dijadikan Guru Berintegritas, Minggu, 11 Juni 2023. Guru-guru ini nantinya akan mengisi kelas-kelas antikorupsi di tiap-tiap sekolah di Kota Tangerang hingga tercipta kurikulum antikorupsi. (FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Pemerintah Kota atau Pemkot Tangerang saat ini tengah menyiapkan pembentukan kurikulum antikorupsi yang akan diterapkan di seluruh sekolah yang ada d Kota Tangerang.

Sebagai langkah awal, saat ini Pemkot Tangerang telah mengukuhkan 300 guru bimbingan dan konseling (BK) tingkat SD-SMP sebagai Guru Berintegritas yang nantinya akan mengisi kelas-kelas antikorupsi di tiap-tiap sekolah di Kota Tangerang.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah dalam sambutannya usai pengukuhan yang merupakan bagian dari rangkaian acara Roadshow Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi di Car Free Day Tugu Adipura Kota Tangerang, Minggu, 11 Juni 2023.

“Guru-guru yang dilantik ini adalah para guru yang kemarin mengikuti pelatihan dari inspektorat tentang pendidikan anti korupsi, mudah-mudahan nantinya kita bisa membentuk kelas-kelas antikorupsi di tiap-tiap sekolah yang nantinya akan menjadi kurikulum antikorupsi,” kata Arief melalui keterangan resmi.

“Jadi gambarannya adalah nanti anak-anak ini kita berikan tugas yang kita libatkan juga orang tuanya agar dapat bersama-sama mengerjakan tugas dan belajar bersama tentang antikorupsi sehingga masyarakat dapat teredukasi dengan baik bagaimana mewujudkan Kota Tangerang yang antikorupsi dan berintegritas,” sambungnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat pengukuhkan 300 guru bimbingan dan konseling atau guru BK di Kota Tangerang sebagai Guru Berintegritas.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Arief menambahkan, memasuki tahun politik, peran para guru sangatlah penting untuk menanamkan dan mengajarkan nilai-nilai integritas kepada anak-anak terutama dalam meminimalisir politik uang.

“Pesan dari KPK adalah kita semua harus ikut mendukung terselenggaranya pesta demokrasi dengan memilih pemimpin-pemimpin yang berintegritas,” ungkap Arief.

Karenanya melalui sosialiasasi ini, Arief berharap para guru yang dikukuhkan ini dapat memberikan contoh, menanamkan dan mengajarkan kepada anak-anak didik agar memiliki integritas, terutama juga para orang tua yang memiliki hak pilih untuk menolak politik uang.

Lebih lanjut, Arief berharap kegiatan tersebut dapat semakin meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menumbuhkan nilai-nilai integritas dan mentalitas anti korupsi.

“Semoga dengan kegiatan sosialisasi ini kita semua dapat semakin berani untuk jujur, berani untuk menolak praktik-praktik korupsi dan semoga Kota Tangerang semakin mendapatkan keberkahan dan kemajuan serta kemaslahatan untuk kita semua,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Daftar Calon Gubernur Banten 2024 di PDI-P, Berkas Airin Langsung Dinyatakan Lengkap

Berita Banten - Airin Rachmi Diany resmi mendaftar Calon...