Untuk Para Birokrat, Berhentilah Bermental Penumpang! Jadilah Driver yang Harus Selalu Tahu Jalan

Date:

Prof. Rhenald Kasali saat memberikan sambutan kepada para pejabat tinggi pratama di Kota Tangerang yang mengikuti pelatihan manajerial, Jumat, 16 Juni 2023.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Para birokrat atau pemangku kepentingan dalam pemerintahan harus membentuk mindset self driving. Dengan mindset sebagai driver, pemangku kepentingan akan dituntut untuk selalu tahu jalan, dan tahu waktu, sehingga nantinya timbul juga rasa tanggung jawab karena ia harus membawa penumpang dengan selamat.

Materi tentang membentuk mindset self driving itu, merupakan salah satu materi yang disampaikan Prof. Rhenald Kasali kepada sedikitnya 46 pejabat tinggi pratama di lingkup Pemkot Tangerang yang sedang mengikuti pelatihan manajerial di lingkup Pemkot yang diselenggarakan di Rumah Perubahan Jakarta Escape, Kota Bekasi.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama tiga hari 16-18 Juni 2023 itu, orang-orang terbaik di Kota Tangerang itu berkesempatan dilatih langsung oleh sang founder sekaligus tuan Rumah Perubahan, Prof. Rhenald Kasali. Kegiatan ini dgelar dalam rangka peningkatan kompetensi dan kapasitas pegawai.

“Dengan mindset sebagai driver ini kita akan dituntut untuk tahu jalan, tahu waktu sehingga nantinya timbul juga rasa tanggung jawab karena ia harus membawa penumpang dengan selamat. Harus kreatif jika jalanan macet, harus mencari jalan alternatif, sehingga dia akan berpikir,” kata Rhenald Kasali saat pelatihan melalui keterangan resmi Pemkot Tangerang.

“Seperti itu juga konsep manajerial dalam menjalankan suatu organisasi, dan ini yang harus ditanamkan juga ke pegawai dan staf bapak dan ibu semua yang masih bermindset passenger atau penumpang,” sambungnya.

Lebih lanjut, mindset dan pola berpikir self driving tersebut mencakup tujuh elemen, salah satunya adalah power of simplicity.

“Kalau bisa jadi sederhana kenapa harus jadi rumit? Jadi buat sesimpel mungkin. Jangan ruwet,” jelas Rhenald.

Menjalankan Amanah Membangun Kota Tangerang

Prof. Rhenald Kasali saat memaparkan materi kepada sedikitnya 46 pejabat tinggi pratama di lingkup Pemkot Tangerang yang sedang mengikuti pelatihan manajerial di lingkup Pemkot yang diselenggarakan di Rumah Perubahan Jakarta Escape, Kota Bekasi.(FOTO: tangerangkota.go.id)

Dalam kegiatan pelatihan manajerial tersebut, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah bersama wakilnya, Sachrudin, turut hadir sekaligus membuka kegiatan pelatihan.

“Alhamdulillah, hari ini kita bisa berkumpul bersama Prof Rhenald Kasali beserta rekan-rekan Rumah Perubahan di tempat yang amazing ini. Mohon izin, Prof. Saya hari ini bersama Pak Wakil hadir dengan seluruh orang-orang terbaik di Kota Tangerang. Mulai dari Sekda, Kepala OPD dan juga camat mohon bimbingan dan pelatihannya agar nanti setelah pulang lagi ke Kota Tangerang bisa menjadi lebih baik, lebih fresh dan lebih bersemangat dalam menjalankan amanah untuk membangun Kota Tangerang,” kata Arief.

“Karena kami yang bekerja di Pemkot Tangerang ini, adalah bagian dari representasi masyarakat kami. Kalau kita jadi lebih baik maka masyarakat kita pun juga pasti akan menjadi lebih baik lagi,” tuturnya.

Di hadapan 46 pejabat tinggi pratama tersebut, Arief, menyampaikan tentang pentingnya peningkatan kompetensi dan juga pengembangan diri guna menghadapi berbagai tantangan serta perubahan di era yang serba cepat ini.

“Tentunya ke depan,  tantangan semakin kompleks, apalagi di era digital ini terkadang masyarakat memiliki perspektif sendiri dan memanfaatkan teknologi sosial untuk menggiring opini. Belum lagi persaingan antar daerah di berbagai sektor yang juga amat sangat cepat perubahannya,” ungkap Arief.

“Namun dengan segala konsekuensi ini, kita harus yakin bahwa kita bisa move forward, jalan ke depan membawa Kota Tangerang menjadi kota yang makin maju dan lebih sejahtera. Untuk itulah upgrade skill, terutama skill manajerial dan upgrade diri ini penting untuk kita lakukan bersama agar kita tidak terhimpit, terjepit, dan terlewati serta tergerus oleh perubahan dan juga persaingan yang sangat cepat dan ketat ini” terang Arief,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...

Airin Tolak Istilah ‘Borong Parpol’ saat Daftar Calon Gubernur Banten 2024-2029 di PKB

Berita Banten - Calon Gubernur Banten 2024-2029, Airin Rachmi...