Ada Program Sekolah Branding di 33 SMP dan 60 SD di Kota Tangerang, Apa Itu?

Date:

33 SMP dan 60 SD di Kota Tangerang telah menerapkan program Sekolah Branding sejak 2022. Melalui program ini orangtua menjadi mudah saat memilih sekolah. Program ini juga bisa mengakomodir serta memaksimalkan minat dan bakat para peserta didik.(FOTO Ilustrasi: tangerangkota.go.id)

Berita Tangerang – Sebuah inovasi di bidang pendidikan diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Program tersebut bernama Sekolah Branding. Program ini digagas untuk memudahkan orangtua saat memilih sekolah, juga mengakomodir serta memaksimalkan minat dan bakat para peserta didik.

Kepala Disdik Kota Tangerang, Jamaluddin mengatakan, program Sekolah Branding ini telah diluncurkan sejak tahun 2022. Sejauh ini, program Sekolah Branding dinilai berhasil memberikan manfaat kemajuan pendidikan di Kota Tangerang secara signifikan.

“Sekolah Branding ini merupakan terobosan inovatif yang digagas untuk memberikan kemudahan bagi orang tua/wali murid dalam menentukan pilihan sekolah bagi anak-anaknya pada saat proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berlangsung,” kata Jamaludin, Senin, 17 Juli 2023 melalui laman resmi Pemkot Tangerang.

“Program Sekolah Branding ini direncanakan untuk mengakomodir dan memaksimalkan minat dan bakat para peserta didik. Lewatnya, tiap sekolah akan memiliki ciri khas dan keunggulan masing-masing yang berbeda-beda. Baik akademik maupun non-akademik. Jadi, orang tua akan dipermudah untuk menyesuaikan pilihan sekolag dengan memaksimalkan minat dan bakat anak-anaknya,” sambungnya.

Disdik Kota Tangerang, sambungnya, sejauh ini telah mengoptimalkan program Sekolah Branding ini di 33 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 60 Sekolah Dasar (SD) di Kota Tangerang.

Lanjutnya, Disdik Kota Tangerang juga telah memberikan pendampingan dan pembekalan kepada tiap sekolah dalam merumuskan ciri khas serta keunggulan yang dipilih selama program Sekolah Branding ini diterapkan.

“Sampai saat ini, kita masih terus mendorong agar sekolah-sekolah, baik negeri dan swasta, dapat menjalankan program Sekolah Branding dengan kekhasan dan keunggulan masing-masing. Oleh karenanya, kita terus memberikan pendampingan dan pembekalan, salah satunya melakukan pengembangan yang dibantu oleh Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi, hingga Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP),” lanjutnya.

Sejalan dengan tujuan yang diharapkan, Kota Tangerang kini telah memiliki sekolah-sekolah yang fokus terhadap ciri khas dan keunggulan masing-masing, seperti akademik, olahraga, kesenian, digital, agama, dan rumusan-rumusan lain yang leih spesifik. Tidak hanya itu, program Sekolah Branding ini juga berhasil mendorong tiap sekolah untuk lebih berprestasi di bidang masing-masing.

“Sejauh ini, program Sekolah Branding ini telah dinilai berhasil menciptakan output pendidikan yang jelas, terarah, dan efektif. Seperti, SDN Kebon Besar 1 dengan branding agama-tahfidz, SDN Panunggangan 1 dengan branding sekolah digital, SDN Perumnas 1 dengan branding olahraga, SDN Kedaung Wetan 5 dengan branding seni-marching band, dst. Serta, banyak sekolah juga telah mencetak prestasi mulai dari tingkat regional sampai nasional,” pungkasnya.

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Baru Nikah di Kabupaten Tangerang, Ini Sosok Ahmad Arif Si Pembunuh Wanita Paruh Baya dalam Koper

Berita Tangerang - Kamis, 25 April 2024, warga Cikarang,...

Formatang Minta Ratu Atut Mewakafkan Satu Keluarganya untuk Mengabdi di Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Forum Masyarakat Tangerang atau Formatang meminta...

Wali Kota Tangerang Sehari Akan Bertugas 20 Mei 2024

Berita Tangerang - Wali Kota Tangerang terpilih akan segera...

‘Jalur-jalur Khusus’ Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Kota Tangerang

Berita Tangerang - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas...